Peduli Korban Seroja, PT Bumi Indah Salurkan 200 Paket Bantuan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Peduli Korban Seroja, PT Bumi Indah Salurkan 200 Paket Bantuan


SERAHKAN. Perwakilan PT. Bumi Indah di Kupang, Kristoforus Umbu Yogar menyerahkan bantuan paket sembako bagi warga Kabupaten Kupang melalui tokoh masyarakat Maria Nuban Saku di Kecamatan Kupang Tengah, Sabtu (1/5). Bantuan itu selanjutnya akan disalurkan ke masyarakat Kecamatan Amarasi Barat. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Peduli Korban Seroja, PT Bumi Indah Salurkan 200 Paket Bantuan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepedulian PT Bumi Indah terus berlanjut untuk korban banjir bandang dan badai siklon Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Khususnya di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang. Kurang lebih 200 paket bantuan sembako dibagikan untuk meringankan beban para korban bencana di Desa Penfui Timur dan melalui anggota DPRD NTT, Maria Nuban Saku dan beberapa keluarga yang benar-benar terdampak di Kota Kupang.

Untuk diketahui, banjir bandang akibat dampak Siklon Tropis Seroja yang melanda wilayah NTT awal April 2021 lalu mengakibatkan ribuan fasilitas umum dan rumah milik warga mengalami kerusakan. Wilayah paling terdampak adalah Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata yang dilanda banjir bandang. Demikian pula di Kabupaten Kupang, Sabu Raijua, Rote Ndao, Malaka, Sumba Timur, dan Kota Kupang.

Direktur PT. Bumi Indah Melkianus Lubalu yang dihubungi menjelaskan, paket bantuan yang diberikan terdiri dari beras sebanyak 5 Kg, telur, mie instan dan minyak goreng.

Menurutnya, untuk penyaluran bantuan di Kabupaten Kupang, pihaknya mempercayakan kepada tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD NTT Maria Nuban Saku. Sedangkan untuk Kota Kupang, perwakilan PT. Bumi Indah langsung menyerahkannya secara langsung kepada keluarga-keluarga yang sangat membutuhkan.

Sejak awal terjadinya bencana di beberapa daerah di NTT, demikian Melki Lubalu, pihaknya juga menurunkan bantuan seperti penyediaan alat berat berupa ekskavator untuk menangani longsor yang terjadi Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Bantuan yang diberikan, baik alat berat maupun bantuan sembako merupakan inisiatif perusahaan dalam menyikapi situasi dan kondisi masyarakat yang sedang mengalami musibah. “Jangan dilihat besarnya bantuan dan semoga bantuan ini bisa membantu meringankan penderitaan korban bencana,” tambahnya.

Anggota DPRD Provinsi NTT Maria Nuban Saku yang menerima bantuan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT. Bumi Indah yang memberikan kepercayaan kepadanya untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan tersebut.

Menurut Maria, bantuan ini selanjutnya akan diteruskan ke masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Kupang, khususnya diberikan untuk masyarakat Amarasi Barat yang sebelumnya sempat heboh ketika menerima satu kilogram beras, satu butir telur, dan satu bungkus mie instan.

BACA JUGA: Sejak Awal Pasca Bencana, PT Bumi Indah Kerahkan Alat Berat ke Adonara

BACA JUGA: Bantu Perbaiki Jalan Rusak, Warga Apresiasi PT Bumi Indah

“Pemerintah tidak salah, karena itu memang sifatnya darurat. Dengan bantuan dari PT. Bumi Indah ini nanti saya akan tambahkan. Pemerintah dan kami sama-sama mencari donatur dan pihak lain yang memiliki kelebihan untuk kita sama-sama membantu masyarakat,” katanya.

Sementara tokoh masyarakat Penfui Timur Kornelis Tanggu Bore juga mengatakan bahwa ratusan keluarga yang tersebar di Penfui Timur, Tarus, Desa Mata Air dan Noelbaki terdampak badai siklon Seroja. Dikatakan, sejak hari pertama badai, dirinya telah membangun posko guna melakukan pendataan warga terdampak di Penfui Timur, Noelbaki, Tarus dan Desa Mata Air. Pihaknya membangun Posko untuk memudahkan pendataan sebab kalau menunggu pemerintah pasti akan lama.

“Bantuan dari pemerintah pasti ada, hanya pasti datangnya terlambat. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk membangun Posko untuk memudahkan koordinasi saja,” imbuhnya.
Selanjutnya, kata Tanggu Bore, ia menghubungi beberapa pihak yang mungkin memiliki kelebihan dimana salah satunya PT. Bumi Indah melalui Direktur, Melki Lubalu.

“Hanya melalui telpon, saya meminta bantuan dari Pak Melki dan hari ini doa kami dengan masyarakat terjawab. Kami tidak melihat jumlahnya karena Pak Ming Lubalu memberi dengan tulus, walaupun sedikit tapi ada karena orang memberi dengan kekurangan,” ujarnya. Sebagai orang yang diberi kepercayaan saya akan membagikan bantuan ini secara merata kepada yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Maria Nuban Saku maupun Kornelis Tanggu Bore menyampaikan terima kasihnya kepada PT. Bumi Indah atas kepeduliannya kepada masyarakat di daerah itu. “Atas nama masyarakat yang terkena dampak, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada pimpinan PT. Bumi Indah dan seluruh jajarannya dan kami tidak bisa membalas kebaikan ini. Inilah perhatian dan kasih dari PT. Bumi Indah terhadap masyarakat yang terkena bencana. Kami mendoakan semoga PT. Bumi Indah terus diberkati dan sukses selalu dalam usaha,” kata Maria.

“Atas nama warga penerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada Manajemen PT. Bumi Indah yang tidak melalui protokol tapi hanya melalui telepon saja langsung merespon keluhan masyarakat Penfui Timur dan sekitarnya,” timpal Tanggu Bore. (*/yl)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top