Pemkab TTU Aktifkan 4 Posko Covid-19 di Batas, Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab TTU Aktifkan 4 Posko Covid-19 di Batas, Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran


SIAGA DI BATAS. Tim gabungan kembali bertugas mengawal posko Covid-19 yang terdapat di batas TTU dengan kabupaten tetangga. Yang tampak ini merupakan petugas posko Oenopu yang siaga di batas. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab TTU Aktifkan 4 Posko Covid-19 di Batas, Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) kembali mengaktifkan empat posko pemantauan Covid-19 di perbatasan kabupaten itu dengan kabupaten tetangga, yakni batas dengan TTS, Belu dan Kabupaten Malaka.

Upaya pengaktifan kembali posko Covid-19 di TTU tersebut guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Apalagi, saat ini menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran yang mungkinkan terjadinya peningkatan pelaku perjalanan.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi kepada TIMEX, Selasa (4/5) menjelaskan, pengoperasian kembali posko-posko pemantauan Covid-19 tersebut dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dari orang luar yang akan masuk ke wilayah TTU, khususnya arus mudik dan bolak-balik pelaku perjalanan pada saat lebaran yang akan terjadi sebelum saat dan setelah bulan Ramadan.

Dikatakannya, posko-posko pemantauan Covid-19 yang kembali diaktifkan yakni posko Covid-19 Oeperigi, posko Covid-19 Eban, posko Covid-19 Oenopu, dan Posko Covid-19 Motadik. Personil yang menjaga setiap titik Posko terdiri dari aparat TNI Kodim 1618/TTU, Polres TTU, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan TTU.

Dandim 1618/TTU Roni Junaidi mengajak masyarakat TTU untuk belajar dari kasus yang terjadi India, Eropa, dan Kamboja yang mana terjadi peningkatan siklus Covid-19.

Untuk itu, Roni meminta seluruh warga TTU untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. “Semoga masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat lebaran tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten TTU,” harapnya.

Sementara, Bupati TTU, Juandi David kepada TIMEX, Selasa (4/5) mengatakan, posko Covid-19 yang telah diaktifkan tersebut akan ditempati oleh tim gabungan yang akan dilengkapi dengan tenaga dokter.

Untuk jam beroperasi, kata Juandi, di posko Oeprigi berlangsung selama 1×24 jam lantaran merupakan jalur kelas I pintu masuk ke TTU. Sementara untuk posko Eban, Oenopu, dan Motadik beroperasi selama 12 jam karena merupakan Posko kelas II.

“Kita berharap dengan pengaktifkan kembali posko Covid-19 di empat titik batas TTU dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten TTU,” harap Juandi. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top