Penyidik Tahap I Kasus Pengiriman Naker Ilegal ke Kalimantan, JPU: Kami Pelajari Dulu Berkasnya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Penyidik Tahap I Kasus Pengiriman Naker Ilegal ke Kalimantan, JPU: Kami Pelajari Dulu Berkasnya


Kasat Reskrim Polres TTU, AKP. Sujud Alif Yulamlam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Penyidik Tahap I Kasus Pengiriman Naker Ilegal ke Kalimantan, JPU: Kami Pelajari Dulu Berkasnya


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Penyidik Satreskrim Polres TTU akhirnya melimpahkan berkas perkara kasus pengiriman tenaga kerja (naker) diduga ilegal ke Kalimantan kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) untuk diteliti.

Pelimpahan berkas perkara tahap satu kepada JPU Kajari TTU tersebut pasca penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, baik dari itu dari 17 tenaga kerja, Dinas Nakertrans TTU maupun FT selaku perekrut para naker tersebut.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam kepada TIMEX, Rabu (5/5) mengatakan, berkas yang dilimpahkan kepada JPU berupa SPDP, berkas pemeriksaan saksi dan terduga pelaku dan barang bukti.

Dikatakan, barang bukti yang ikut dilimpahkan berupa dokumen surat jalan yang tidak lengkap, KTP dari 17 calon naker, serta satu unit mobil bus Srikandi yang mengangkut para naker itu. “Kita sudah limpahkan berkas tahap 1, menanti saja apakah ada petunjuk yang harus dilengkapi dari kejaksaan atau seperti apa,” ungkap Sujud.

BACA JUGA: Tim Buser Gagalkan Keberangkatan 17 Naker Tujuan Kalimantan, Polres TTU Tersangkakan Perekrut

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari TTU, Santy Efraim ketika dikonfirmasi media ini, Rabu (5/5) membenarkan adanya pelimpahan berkas tahap 1 untuk kasus pengiriman 17 naker diduga ilegal tersebut.

Dikatakan, berkas perkara yang telah diterima tersebut masih akan diteliti oleh JPU. Apalagi berkas perkara sudah dinyatakan lengkap maka JPU akan nyatakan P21 namun berkas perkara masih ada kekurangan akan dikembalikan ke penyidik untuk segera dilengkapi.

“Kami pelajari dulu berkasnya, Kalau lengkap kita P-21, kalau ada kekurangan akan dikembalikan ke penyidik untuk dilengkapi,” jelasnya

Sebelumnya, sebanyak 17 naker yang berasal dari Kabupaten Belu dan TTU tujuan Kalimantan berhasil digagalkan Tim Buru Sergap (Buser) Polres TTU saat melintasi jalur Trans Timor dari Atambua ke Kupang.

Setelah diperiksa, 17 naker tersebut hendak berangkat ke Kalimantan namun tanpa dilengkapi dokumen apapun sehingga harus berurusan dengan Polisi. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top