MUI TTU Imbau Umat Islam Patuhi Prokes, Minta Warga Tidak Mudik Lebaran | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

MUI TTU Imbau Umat Islam Patuhi Prokes, Minta Warga Tidak Mudik Lebaran


Ketua MUI TTU, Haji Muhammad Ali Kosah. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

MUI TTU Imbau Umat Islam Patuhi Prokes, Minta Warga Tidak Mudik Lebaran


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mendukung kebijakan Pemerintah Pusat yang melarang seluruh umat Muslim untuk tidak melakukan mudik menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pasalnya, saat lebaran banyak warga yang mudik ke kampung halaman masing-masing. Dukungan MUI tersebut dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten TTU.

Ketua MUI TTU, Haji Muhammad Ali Kosah kepada TIMEX, Kamis (6/5) mengimbau kepada para umat Muslim di TTU agar tidak melakukan mudik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Haji Ali Kosah mengaku, imbauan tersebut disampaikan kepada para jemaah Islam dalam setiap kegiatan salat di masjid. Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan perihal informasi larangan mudik di masjid masing-masing pada kegiatan salat Jumat nanti.

BACA JUGA: Pemerintah Percepat Larangan Mudik, Berlaku Mulai Hari Ini

“Berdasarkan apa yang disampaikan pemerintah dan MUI pusat, maka kami akan mengikutinya. Untuk itu, seluruh jemaah Islam dilarang untuk melakukan mudik saat lebaran ini,” ucap Haji Ali Kosah.

Haji Ali Kosah menambahkan, imbauan Pemerintah secara berjenjang dan MUI kepada seluruh umat Islam tersebut untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 di TTU dan mencegah munculnya klaster baru saat hari raya.

Menurutnya, berdasarkan rapat dengan pihak Panitia Hari Besar Islam (PHBI), tokoh-tokoh agama Islam di TTU, jemaah Islam di Kabupaten TTU melaksanakan salat Idul Fitri di masjid masing-masing.

Meski demikian, pihaknya tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan. Sementara pelaksanaan Takbir juga ditiadakan. “Hanya berupa informasi terkait pelaksanaan dengan menggunakan satu mobil yang dikawal oleh raider sehingga dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten TTU,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top