Lebaran, Pasokan Dijamin Aman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lebaran, Pasokan Dijamin Aman


F_ILustrasi pasokan listrik

Advetorial

Lebaran, Pasokan Dijamin Aman


MENJELANG Lebaran, pemerintah memastikan pasokan listrik aman. Tim Posko Nasional Idulfitri Subsektor Ketenagalistrikan melaporkan, hingga 5 Mei 2021, periode beban puncak malam hari seluruh sistem kelistrikan terkendali.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Munir Ahmad mengungkapkan, daya mampu pasok nasional mencapai 42.921,12 mw dan beban puncak 36.709,42 mw. Kapasitas cadangan daya nasional sebesar 6.211,70 mw atau kira-kira 16,92 persen.

Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) membentuk Posko Nasional Subsektor Ketenagalistrikan untuk mengamankan pasokan selama Lebaran.

”Selain kondisi kelistrikan nasional PLN, tim posko memantau beberapa wilayah usaha penyediaan tenaga listrik di luar PLN,” kata Munir kemarin (7/5).

Bila ada kejadian khusus, inspektur ketenagalistrikan akan turun langsung ke lapangan dan berkoordinasi dengan PLN.

Sebelumnya, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Wanhar dalam rapat koordinasi petugas posko Idulfitri juga meminta PLN mengantisipasi faktor alam.

”Sehingga nanti bukan hanya kita yang di tengah kota dengan sistem kelistrikan yang baik yang bisa menikmati hari raya. Teman-teman di daerah terpencil harus tetap kita perhatikan,” jelasnya.

Terpisah, Menteri ESDM, Arifin Tasrif terjun ke lapangan untuk memeriksa kesiapan PLN. Pada Kamis (6/5), dia meninjau PT PJB dan ruang dispatcher PLN unit pelaksana pengatur beban (UP2B) untuk memantau persiapan wilayah Jawa Timur (Jatim).

Arifin yang didampingi Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini melihat teknologi terbaru PT PJB yang bernama i-CORE. Teknologi itu digunakan untuk menganalisis dan mendiagnosis kondisi pembangkit secara otomatis.

”Digitalisasi pembangkit PJB sudah dijalankan dengan baik. Semua karyawan PJB dan PLN harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar performa bisa lebih efisien,” ujar Arifin.

Direktur Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto W.S. menyatakan bahwa pasokan listrik Jatim saat ini surplus. Beban puncak sekitar 5.900 megawatt (mw) dan daya mampu mencapai 8.000 mw. Cadangan besar itu meminimalkan kemungkinan gangguan internal.”Saya harap tidak ada gangguan eksternal saat masyarakat menikmati momen Lebaran nanti,” tutur Arifin. (dee/bil/c14/hep/jpg/gat)

Komentar Pembaca

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

To Top