Nadiem Janji Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Nadiem Janji Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Ini


Mendikbudristek, Nadiem Makarim. (FOTO: JawaPos.com)

PENDIDIKAN

Nadiem Janji Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Ini


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim berkomitmen untuk menghapus tiga dosa besar di dunia pendidikan.
“Yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual,” jelas Nadirm dalam webinar Puasa, Kemanusiaan, dan Toleransi, Sabtu (8/5).

Kata dia, pendidikan harusnya bebas dari intoleransi. Sebab, kreativitas, nalar kritis, dan inovasi hanya dapat berkembangkan jika peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia belajar dengan merdeka tanpa paksaan dan tekanan.

Khusus soal intoleransi, meskipun sering dibicarakan tentang saling menghargai dan menjaga kerukunan, namun pada kenyataannya kasus-kasus intoleransi terus saja terjadi di lingkungan pendidikan. Munculnya kasus intoleransi ini di karenakan belum adanya kebijakan yang langsung mengarah pada pencegahan atau penanganan kasus intoleransi. Kasus yang paling banyak muncul adalah terkait dengan agama.

“Saya yakin teman-teman semua ingin menjalankan ibadah dengan tenang, belajar tanpa paksaan, dan menjalin pertemanan dengan siapa saja,” tutur dia.

Untuk itu, menurutnya warga pendidikan perlu menanamkan rasa cinta akan perbedaan, karena Indonesia sendiri tercipta juga karena keberagaman. Jika sudah memilikinya, perasaan tersebut dapat ditularkan kepada masyarakat luas agar semua orang punya hak yang sama.

“Oleh karena itu mari bersama-sama mewujudkan Indonesia yang bebas dari intoleransi yang akan mengakselerasi kemajuan bangsa kita,” imbuhnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top