Vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang Capai 87,85 Persen | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang Capai 87,85 Persen


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang Capai 87,85 Persen


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang telah mencapai 87,85 persen dari target sasaran vaksin. Untuk capaian sasaran vaksinasi bagi pelayan publik mencapai 125 persen, lansia 27,64 persen, dan tenaga kesehatan (nakes) 119 persen.

Dia menjelaskan, untuk vaksin dengan jenis Astrazenaca, Kota Kupang mendapatkan 20 ribu dosis, dan sampai dengan Sabtu (8/5), sudah 16.148 sasaran yang dilayani. “Diupayakan dalam minggu ini, 20.000 sasaran sudah diberikan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan vaksin,” katanya.

Retnowati berharap, keaktifan masyarakat untuk ke sarana kesehatan yang melayani vaksinasi, dan saat ini Puskesmas dan fasilitas kesehatan juga rutin turun langsung mendekatkan pelayanan, terutama untuk lansia.

“Kemarin Puskesmas Sikumana di Panti Jompo, Puskesmas Oesapa di Lapas Perempuan, RSB di Gereja Marturia, Puskesmas Bakunase di Kelurahan Sikumana dan beberapa tempat lainnya,” ujarnya.

Ditargetkan, setelah libur Idul Fitri, semua Puskesmas dan Fasilitas Layanan Kesehatan yang melaksanakan vaksinasi akan menggelar Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL).

Retno melanjutkan, Gebyar Vaksinasi Lansia ini digelar dengan tujuan untuk mencapai 100 persen lansia mendapat kekebalan Covid-19. Kegiatan ini sesuai rencana akan digelar pada 17 – 30 Mei.

Untuk Kota Kupang, kata drg. Retnowati, telah menerima vaksin jenis Sinovac, yang diberikan khusus untuk lansia yang akan digunakan saat GVL.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Oesapa, drg. Shinta Ndaumanu mengatakan, pelayanan vaksinasi di Puskesmas dibuka setiap hari Senin dan Selasa. Sementara pelayanan di luar gedung Puskesmas dilakukan Rabu dan Kamis.

“Tetapi beberapa minggu ini, kami tim vaksinasi dari Puskesmas melakukan pelayanan di luar gedung untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dilakukan sampai hari Sabtu,” kata Shinta.

Shinta menjelaskan, sampai dengan Sabtu (8/5), Puskesmas Oesapa telah memberikan vaksin jenis astrazeneca kepada 2.069 orang atau sasaran. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top