Umat Muslim Malaka Salat Ied di Lapangan Umum Betun dengan Prokes Ketat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Umat Muslim Malaka Salat Ied di Lapangan Umum Betun dengan Prokes Ketat


Ketua MUI Kabupaten Malaka, H. Zainal Muttaqin. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Umat Muslim Malaka Salat Ied di Lapangan Umum Betun dengan Prokes Ketat


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis (13/5), umat Muslim di Kabupaten Malaka sesuai rencana akan melaksanakan Salat Ied di Lapangan Umum Betun, Kecamatan Malaka Tengah, pada jam 06.00 Wita.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka dan pihak terkait untuk melaksanakan Salat Id berjemaah di Lapangan Umum Betun dengan pembatasan-pembatasan yang ketat sesuai dengan aturan protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Malaka, H. Zainal Muttaqin, ketika dikonfirmasi di Betun, Senin (10/5).

Zainal Muttaqin mengatakan, pelaksanaan Salat Ied kali ini memang tidak seperti tahun-tahun sebelum, pasalnya dunia, termasuk Kabupaten Malaka tengah dilanda pandemi Covid-19. Sehingga perlu adanya pembatasan dan aturan-aturan tertentu yang harus ditaati, sehingga pelaksanaan kegiatan keagamaan ini berlangsung aman, lancar, dan khidmat.

“Kita sudah mengatur bahwa yang akan melaksanakan Salat Ied di Lapangan Umum Betun adalah jamaah Muslim dari Kota Betun, Kletek, dan dari Kompi A dan D. Sementara yang di Metamauk dan Satgas Pamtas akan melaksanakan Salad Id di masjid yang ada di perbatasan,” terang H. Zainal.

Zainal Muttaqin menyebutkan, pihaknya tidak menerapkan pembatasan usia dalam pelaksanaan Salat Ied, namun yang hadir nanti benar-benar sehat dan siap mengikuti ibadah dengan baik.

“Selain sehat, dalam Salat Ied nanti jamaah akan masuk ke lapangan melalui pintu utara, sementara dua pintu yang lain yakni sebelah barat untuk jamaah laki-laki dan pintu sebelah timur untuk jamaah perempuan. Di depan pintu masuk akan disiapkan tempat cuci tangan dan sebelum masuk ke lokasi akan diperiksa suhu tubuh masing-masing jamaah,” tegasnya.

Mengenai malam takbiran, H. Zainal mengungkapkan, dilaksanakan hanya di Lapangan Umum Betun, tidak berkeliling seperti perayaan tahun-tahun sebelum. “Malam takbiran akan dilaksanakan di Lapangan Umum Betun, dengan tidak berkeliling seperti biasanya. Dan itu hanya untuk jamaah yang ada di Kota Betun. Sementara jamaah yang lain melaksanakan takbiran di masjid masing-masing mulai dari maghrib hingga berakhir di jam 10 malam,” katanya lagi.

Terkait pengamanan, H. Zainal mengaku sudah ada koordinasi dimana menjadi tugas aparat Kepolisian, TNI, dan pihak terkait lainnya. “Kita berharap pelaksanaan hari raya Idul Fitri tahun ini tetap berjalan aman, lancar dan patuh menjalankan protokol kesehatan selma Salat Ied,” harap H. Zainal. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top