Konflik Israel-Palestina, Meletup di Al Aqsa, Berkobar di Gaza | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Konflik Israel-Palestina, Meletup di Al Aqsa, Berkobar di Gaza


KONFLIK BERKEPANJANGAN. Api dan asap membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina di Jalur Gaza Selatan, Selasa (11/5). (FOTO: Ibraheem Abu Mustafa/Reuters/JawaPos.com)

PERISTIWA/CRIME

Konflik Israel-Palestina, Meletup di Al Aqsa, Berkobar di Gaza


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pada pekan lalu, mata dunia tertuju ke Israel. Tepatnya, kompleks Masjidilaqsa di Jerusalem. Pasukan Israel yang dikenal sebagai IDF bentrok dengan penduduk muslim Palestina pada jam salat Magrib. Belasan atau puluhan orang terluka.

Bentrokan yang makan korban itu lantas berlanjut. Selama beberapa hari, Jerusalem tegang. Tidak hanya area di sekitar Al Aqsa. ’’Pagi ini sudah cukup tenang setelah semalaman agak chaos,’’ ungkap Erens Albertus Novendo Gesu, warga Indonesia yang sedang menuntut ilmu kitab suci di Jerusalem, saat dihubungi Jawa Pos pada Selasa (11/5).

Sejak tinggal di Old City, Jerusalem, pada 2016, lelaki yang akrab disapa Pater Al itu ’’akrab” dengan konflik. Mulai yang berskala besar hingga berkala kecil. Apa pun yang pecah di Jerusalem biasanya akan membesar di Jalur Gaza. Selanjutnya, yang lebih banyak terdengar adalah konflik di area yang selama berdekade-dekade menjadi ’’palagan” bagi IDF dan kelompok-kelompok militan bersenjata Palestina.

Kali ini pun, saat Jerusalem sudah normal dan Al Aqsa kalem, serangan demi serangan terjadi di kota-kota lain. Ashdod, Askelon, dan Tel Aviv. Korban jiwa juga berjatuhan. Di kota-kota yang penduduknya campuran keturunan Yahudi dan keturunan Arab, ketegangan juga terus terjadi.

Eskalasi meningkat. Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan bahwa serangan IDF baru permulaan. Di sisi lain, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menegaskan bahwa pihaknya juga siap melayani IDF jika memang jalur konflik yang dipilih.

Sebagaimana penduduk awam Israel dan Palestina, Pater Al pun merasa bahwa durasi konflik bisa panjang. Apalagi, para petinggi Israel dan Palestina saling unjuk kekuatan, bukan saling meredam. ’’Tapi, kami tetap berharap ada gencatan senjata dalam waktu dekat. Apalagi, sekarang sedang Idul Fitri,’’ tandasnya. (bil/c7/hep/jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top