Pengaktifan Camat Kota Kefamenanu Cacat Hukum, Lakmas NTT: Bupati Juandi Keliru | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pengaktifan Camat Kota Kefamenanu Cacat Hukum, Lakmas NTT: Bupati Juandi Keliru


Direktur LAKMAS NTT, Viktor Manbait. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Pengaktifan Camat Kota Kefamenanu Cacat Hukum, Lakmas NTT: Bupati Juandi Keliru


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Keputusan Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Juandi David dengan mengaktifkan kembali Hieronimus Kab. Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu dengan alasan perintah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menuai protes dari berbagai kalangan di Bumi Biinmafo. Salah satu yang ikut menyoroti keputusan ini adalah Lakmas NTT.

Lakmas NTT menilai, Hieronimus Kab. Bana sebelumnya dijatuhi sanksi disiplin ASN dengan kategori hukuman berat itu lantaran terbukti terlibat dalam pengrusakan Balai Biinmaffo pada 7 September 2011 lalu. Selain itu, jabatan yang ditinggalkan Hieronimus Kab Bana juga telah diganti dengan pejabat defenitif dimana telah dilantik dan diambil sumpahnya dimasa kepemimpinan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes.

Direktur Lakmas NTT, Viktor Manbait ketika dikonfirmasi Timor Express, Jumat (14/5) mengatakan, keputusan Bupati Juandi David itu dinilai cacat hukum. Pasalnya, dalam surat KASN dengan Nomor: B-1527/KASN/4/2021 perihal Jawaban Terkait Dugaan Pelanggaran Pemberhentian Pejabat Eselon III Tahun 2012 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara tidak mengisyaratkan untuk mengaktifkan kembali Hieronimus Kab Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu.

“Bupati TTU Juandi David sangat keliru dan ini sudah blunder yang kedua kali. Kali pertama itu tenaga guru yang dipindahkan ke Setwan, dan kedua pengaktifan kembali Hieronimus Kab Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu,” ungkap Viktor Manbait.

Viktor menjelaskan, dalam surat KASN tersebut menyatakan bahwa saat kejadian berlangsung yakni pada tahun 2011, Komisi ASN belum terbentuk. Karena itu, pengaduan Hieronimus Kab Bana dikembalikan ke pejabat pembina kepegawaian untuk diperhatikan.

BACA JUGA: 9 Tahun Nonaktif, Hieronimus Bana Kembali Jabat Camat Kota Kefamenanu

“Kalau mau kembalikan Hieronimus Kab Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu pun harus melalui pelatikan dan pengucapan sumpah karena jabatan itu sebelumnya sudah diduduki oleh camat defenitif yang dilantik dan diambil sumpahnya juga,” kata Viktor.

Menurut Viktor, Bupati TTU Juandi David harus meninjau kembali keputusannya mengaktifkan kembali Hieronimus Kab Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu sehingga tidak berbenturan dengan aturan hukum yang mengatur. Apabila keputusan tersebut dibiarkan begitu saja, lanjut Viktor, maka akan menimbulkan kegaduhan-kegaduhan di kalangan birokrasi. Pasalnya, penempatan ASN tidak melalui perintah undang-undang melainkan atas kemampuan dan kepentingan dari Bupati TTU selaku PPK.

“Saran saya, Bupati TTU Juandi David harus anulir kembali keputusan pengaktifan kembali Hieronimus Kab Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu sehingga tidak ada persoalan lain yang timbul dikemudian hari,” pintanya.

Sebelumnya, Bupati TTU, Juandi David kembali mengaktifkan Hieronimus Bana sebagai Camat Kota Kefamenanu, Rabu (5/5). Pengembalian jabatan tersebut atas dasar perintah Komisi ASN, tertanggal 27 Apri 2021, yang memerintah Bupati TTU, Juandi David, segera mengaktifkan kembali, Hironimus Bana, pada posisi semula.

Surat pengaktifan kembali tersebut diserahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekda TTU, Fransiskus Fay, disaksikan Plt Kepala Bapediklat Arkadius Atitus, Sekertaris Bapediklat Leo Diaz, dan Sekertaris Camat Kota Kefamenanu, Yasinta Salem dan ASN lainnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top