GAMKI Rote Ndao Bantu Warga Batuleli | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

GAMKI Rote Ndao Bantu Warga Batuleli


SALURKAN BANTUAN. Sekretaris GAMKI Rote Ndao, Nostra Killa (kedua kiri) saat menyerahkan bantuan kepada warga yang membutuhkan di Batuleli, Senin (17/5). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

GAMKI Rote Ndao Bantu Warga Batuleli


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Rote Ndao mewujudkan kepedulianya dengan menyalurkan sejumlah bantuan bagi warga Dusun Batuleli, Desa Lidamanu, Kecamatan Rote Tengah, Senin (17/5). GAMKI membantu warga kurang mampu juga fokus pada warga yang belum menerima bantuan (tercecer) saat terpapar Covid-19.

Khusus di Batuleli, bantuan diberikan kepada 10 warga yang telah lanjut usia (Lansia), berikut warga yang kurang mampu dan juga kepada warga yang belum tersentuh saat penyaluran bantuan sebelumnya. Bantuan GAMKI Rote Ndao ini diberikan untuk meringankan beban kebutuhan beberapa warga Batuleli pasca dilanda badai Seroja dan juga pandemi Covid-19.

“Hanya beberapa yang sesuai data yang kami peroleh memang layak menerima. Ada lansia dan juga warga yang saat pembagian sembako belum dapat,” kata Denyson Mooy, Ketua GAMKI Rote Ndao, kepada TIMEX, di Ba’a, Senin (17/5).

Menurut Denyson, bantuan yang diberikan sangat kecil, namun ini merupakan wujud rasa kepedulian terhadap sesama yang terdampak bencana. “Kalau mau dihitung, bantuan ini tak seberapa yang kami berikan. Tetapi inilah kepedulian kami, yang mau hadir untuk turut merasakan di tengah-tengah masyarakat yang terdampak, baik bencana Seroja dan juga Covid-19 yang belum berakhir,” kata Denyson.

Paket bantuan tersebut, lanjut Denyson, disalurkan Sekretaris GAMKI Rote Ndao, Nostra Killa. Kiranya bantuan ini diterima warga dengan sukacita, sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan di Dusun Batuleli.

“Mudah-mudahan dapat diterima dengan penuh sukacita. Karena kami GAMKI Rote Ndao juga mendukung terjadinya pemulihan setelah banyak warga di Dusun Batuleli yang terpapar Covid-19. Dan puji Tuhan, semuanya sudah dipulangkan kembali karena dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris GAMKI Rote Ndao, Nostra Killa, mengatakan, pihaknya juga merasakan dampak yang dirasakan oleh warga Batuleli dalam pandemi Covid-19. Dimana stigmanisasi Covid-19 yang begitu menakutkan, terlanjur disematkan kepada warga Batuleli yang terpapar. Ini sangat mengganggu hubungan sosial kemasyarakatan yang sudah terjalin.

Menurut Nostra, adalah sebuah kesalahan besar untuk menjauhi warga Batuleli, hanya gegara pernah terpapar Covid-19. Kondisi tersebut, menurutnya akan memecah hubungan persaudaraan. Ia menyebutkan, demi mewaspadai ancaman virus korona, jaga jarak diajurkan dalam protokol, bukan bermaksud untuk menjauhi apalagi memisahkan.

“Semua tahu bahwa banyak warga Batuleli terpapar. Tetapi ini bukan berarti kita harus jauhi atau hindari mereka. Toh yang terpapar juga saudara, bagaimana kita pisahkan atau jauhi saudara sendiri,” kata Nostra, dengan mengatakan, dukungan merupakan obat paling manjur untuk pemulihan dari Covid-19.

“Saat ini semua sudah sembuh, itu karena adanya dukungan, entah dari saudara, kerabat dan juga pemerintah. Sebab jika semakin mengucilkan warga terpapar Covid-19, maka semakin menyulitkan seseorang untuk cepat sembuh,” katanya.

Lansia yang dijangkau untuk dibantu adalah Zet Y. Aplugi, Adel Seubelan, Jermias Seubelan, Damaris Dengak, Selfince Ukat, Albert Seubelan, Hendrik Ndoen, Martha Ngie, Semuel Folla, dan Mesak Patola. Berikut Reni Makandolu dan Deldi Ndaumanu, yang menurut data, juga membutuhkan.

Sementara delapan paket lainnya, diberikan kepada Marsel Fallo, Seni Muskananfola, Dance Nggonggoek dan Obet Helianak, Ketua Rukun Tetangga. Begitu juga kepada Kepala Desa (Kades) Jaspro Paulus Muskananfola, Sekretaris, Meldi Muskananfola, Kepala Seksie Pemerintahan, Benyamin Nggonggoek, dan Kepala Seksie Pelayanan, Wasti Fangidae.

“Di Batuleli, kami salurkan 20 paket. Sedangkan di Oendule 5 paket, berupa beras dan telur. Hanya itu yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu,” kata Nostra.

Jermias Seubelan, salah satu lansia yang menerima bantuan tersebut mengaku terbantu dan berterima kasih karena bisa memenuhi kebutuhannya beberapa hari ke depan. “Ia, ini sudah bantu kami. Untuk kebutuhan beberapa hari ke depan sudah tercukupi. Kami sekeluarga hanya bisa berterima kasih,” kata Yermias Seubelan. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top