Lantik 2 Penjabat Kades, Bupati Juandi Ingatkan Kelola Dana Desa Sesuai Aturan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik 2 Penjabat Kades, Bupati Juandi Ingatkan Kelola Dana Desa Sesuai Aturan


LANTIK. Bupati TTU Juandi David saat melantik Penjabat Kepala Desa Manikin dan Kuaken di Kantor Camat Noemuti Timur, Selasa (18/5). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Lantik 2 Penjabat Kades, Bupati Juandi Ingatkan Kelola Dana Desa Sesuai Aturan


Pelantikan Penjabat Kades Manikin dan Kuaken

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Juandi David mengingatkan Penjabat Kepala Desa untuk mengelola dana desa sesuai dengan peruntukannya sehingga mendukung percepatan pembangunan di desa.

“Dana desa itu digunakan untuk pembangunan di desa bukan untuk memperkaya diri sendiri. Saya ingatkan kedua penjabat yang baru saja dilantik agar kelola dana desa sesuai aturan dan bermanfaat,” pinta Bupati Juandi saat melantik Penjabat Kepala Desa Manikin dan Penjabat Kepala Desa Kuaken di di Kantor Camat Noemuti Timur, TTU, Selasa (18/5).

Bupati Juandi mengatakan, tahun 2021 ini sudah tiga kepala desa diamankan dan ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) TTU karena tersandung kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa.

Untuk itu, Bupati Juandi meminta semua kades di Kabupaten TTU untuk mulai berbenah dan bekerja dengan hati untuk rakyat sehingga tidak senasib dengan tiga kades yang kini berada di balik jeruji besi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya karena mengakibatkan kerugian negara miliaran rupiah.

“Kalau tidak mau senasib dengan tiga kepala desa yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri TTU itu, maka kerja terbuka dan melibatkan semua lembaga yang ada di desa,” tegasnya.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) TTU itu menambahkan, tahun 2021 ini banyak kades yang berakhir masa jabatannya. Maka Pemkab TTU mengambil langkah-langkah yang perlu untuk pengisian jabatan kades yang lowong sesuai amanat Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan pelaksanaannya yakni Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014.

Dijelaskan, pelantikan Penjabat Kepala Desa ini dilaksanakan dengan maksud agar penyelenggaraan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan di desa tetap berjalan normal sampai terpilihnya kades definitif.

“Tugas Penjabat Kepala Desa tidak hanya menjalankan tugas-tugas rutin kepala desa, melainkan juga mengemban tugas khusus yakni memfasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desa untuk periode enam tahun ke depan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bupati Juandi mengharapkan para tokoh adat, tokoh masyarakat, dan kaum terpelajar yang ada di Desa Kuaken dan Desa Manikin dapat membantu Penjabat Kepala Desanya untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat agar seluruh proses pemilihan kepala desa dapat berjalan lancar, aman, dan sukses. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top