Alami 5 Gejala Ini Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca, Segera ke Dokter | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Alami 5 Gejala Ini Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca, Segera ke Dokter


ILUSTRASI. Masyarakat yang mendapat Vaksin Covid-19 AstraZeneca, diminta untuk segera menghubungi dokter jika mengalami sejumlah gejala tak biasa. (FOTO: Alfian Rizal/Jawa Pos)

NASIONAL

Alami 5 Gejala Ini Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca, Segera ke Dokter


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan menghentikan sementara distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca Batch (Kumpulan Produksi) CTMAV547. Hal ini dilakukan untuk pengujian toksisitas dan sterilitas oleh BPOM sebagai bentuk upaya kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini.

Tidak semua batch vaksin AstraZeneca dihentikan distribusi dan penggunaannya. Hanya Batch CTMAV547 yang dihentikan sementara sambil menunggu hasil investigasi dan pengujian dari BPOM yang kemungkinan memerlukan waktu satu hingga dua minggu.

Adapun terkait dengan laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang diduga berkaitan dengan AstraZeneca Batch CTMAV547, Komnas KIPI telah merekomendasikan BPOM untuk melakukan uji sterilitas dan toksisitas terhadap Kelompok tersebut, dikarenakan tidak cukup data untuk menegakkan diagnosis penyebab dan klasifikasi dari KIPI yang dimaksud. Batch AstraZeneca selain CTMAV547 aman digunakan sehingga masyarakat tidak perlu ragu.

“Ini adalah bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini. Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat untuk tenang dan tidak termakan oleh hoax yang beredar. Masyarakat diharapkan selalu mengakses informasi dari sumber terpercaya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan resmi Kemenkes, Rabu (19/5).

“Penggunaan vaksin AstraZeneca tetap terus berjalan dikarenakan vaksinasi Covid-19 membawa manfaat lebih besar,” lanjutnya.

BACA JUGA: Demi Kehati-hatian, BPOM Hentikan Vaksin AstraZeneca CTMAV 547

Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dalam beberapa kasus sebelumnya, meninggalnya orang yang statusnya telah divaksinasi Covid-19 adalah karena penyebab lain, bukan akibat dari vaksinasi yang diterimanya.

Dalam keterangan resmi BPOM, untuk tindakan kehati-hatian, masyarakat yang mendapat Vaksin Covid-19 AstraZeneca, diminta untuk segera menghubungi dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat atau tempat vaksinasi apabila mengalami sejumlah gejala.

“BPOM bersama Kementerian Kesehatan dan Komnas PP KIPI terus memantau keamanan vaksin yang digunakan di Indonesia dan menindaklanjuti isu setiap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi,” demikian keterangan tertulis BPOM.

Berikut lima gejala yang harus diwaspadai usai menerima suntikan vaksin?

1. Sesak nafas; dan/atau
2. Nyeri dada; dan/atau
3. Kaki membengkak; dan/atau
4. Nyeri perut yang dirasakan terus-menerus; dan/atau
5. Gejala neurologis seperti nyeri kepala berat, penglihatan kabur, atau mengalami skin bruising (petechia) yang meluas di sekitar tempat penyuntikan beberapa hari setelah mendapatkan vaksinasi. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top