Lima Tahun Beroperasi Tanpa Izin, Pabrik Tandon Air CV DCM Baru Kangtongi SNI | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lima Tahun Beroperasi Tanpa Izin, Pabrik Tandon Air CV DCM Baru Kangtongi SNI


Pemilik CV Duta Cipta Mandiri, Roberth Lalim (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Lima Tahun Beroperasi Tanpa Izin, Pabrik Tandon Air CV DCM Baru Kangtongi SNI


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Lima tahun lamanya pabrik randon air atau fiber milik Duta Bangunan beroperasi di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) tanpa mengantongi izin resmi standar nasional Indonesia (SNI) maupun izin lainnya dari pemerintah, baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten.

Pabrik tandon air dibawah perusahaan CV Duta Cipta Mandiri (DCM) itu sudah melakukan produksi sejak 2017 lalu sampai sekarang. Bahkan, hasil produksi pun telah beredar di pasaran tanpa memiliki SNI dari Kementerian Perindustrian.

Direktur CV DCM, Roberth Lalim kepada TIMEX melalui Pesan WhatsApp, Senin (17/5) mengakui telah mengantongi izin SNI untuk produk plastik tangki air silinder vertikal-polietilena (PE) di Kefamenanu pada 15 April 2021 lalu.

Sementara, untuk izin lainnya dari pemerintah untuk kegiatan produksi tandon air atau fiber sudah dikantongi sejak 2019 lalu. “Kalau izin perusahan sudah sekitar dua tahun, izin SNI baru terbit beberapa bulan ini. Kalau izin lokalan, SIUP, SITU dan Amdal lengkap semua dan sudah ada cukup lama,” ungkap Roberth.

Menurut Roberth, sesuai Sertifikat SNI yang dikantonginya, pabrik tandon air milik CV DCM tersebut beralamat di Fatumnaon, Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU, Provinsi NTT.

BACA JUGA: Disperindag TTU Sebut Pabrik Tandon Beroperasi Tanpa Izin, Roberth Lalim: Sudah Ada Izin Sejak 2019

Adapun merk untuk hasil produksi tandon air tersebut yakni DB TANK dengan tipe atau jenis 1.100 liter, 1.200 liter, 2.200 liter, 2.300 liter, dan 3.300 liter.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten TTU, Maksi Akoit kepada TIMEX, Senin (16/5) mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti apakah pabrik tandon air milik Duta Bangunan sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah atau belum.

Pasalnya, sampai saat ini pemilik perusahaan pun belum mengajukan permohonan untuk menerbitkan izin kepada pemerintah daerah melalui beberapa dinas teknis lintas sektor yang memiliki kewenangan dalam penerbitan izin, termasuk Disperindag TTU. “Sampai sekarang belum ada izin yang kami peroleh. Bahkan belum ada permohonan untuk mengurus Izin dari pemilik perusahaan Juga,” ungkap Maksi Akoit.

Maksi Akoit menambahkan, pihaknya pernah dimintai keterangan oleh Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polda NTT terkait izin operasi dari pabrik tandon air milik Duta Bangunan

Kepada penyidik, Maksi menjelaskan bahwa pabrik tandon air tersebut belum mengantongi izin resmi dari pemerintah baik itu izin produksi maupun izin edar. “Kami pernah diperiksa oleh Tipiter Polda NTT namun sampai sekarang kami tidak tahu lagi perkembangan seperti apa soal perizinan dari pabrik tandon air Duta Bangunan,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top