NTT Berpeluang Raih Juara Umum API 2021 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

NTT Berpeluang Raih Juara Umum API 2021


Founder API 2021, Muhamad Syafaat (Masker hijau) saat konferensi pers dengan wartawan di Labuan Bajo, Rabu (19/5). (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

NTT Berpeluang Raih Juara Umum API 2021


LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.com-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berpeluang dan bisa menjadi juara umum even malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 yang dilaksanakan di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Kamis (20/5).

“Dari tiga provinsi, NTT bisa juara umum,” ungkap Founder API, Muhamad Syafaat dalam jumpa media di hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu (19/5). Syafaat yang saat itu bersama Kabid Industri dan Ekraf, Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Jhoni Rohi mengatakan hal itu menjawab peluang NTT dalam ajang pengumuman API 2021 kali ini.

Menurut Syafaat, ada tiga provinsi yang masuk tiga besar dalam ajang ini, yakni Provinsi Sumatera Selatan, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), dan NTT. Masing-masing provinsi mempunyai delapan nominasi destinasi baru yang dipromosikan.

Syafaat yang juga CEO Ayo Jalan-jalan ini mengatakan, untuk pengumuman nanti, semua undangan yang hadir wajib swab antigen. Pihaknya sudah menyiapkan 400 stik antigen untuk tamu yang hadir sebagai wujud penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Penerima hadiah wajib pakai sarung tangan, sudah koordinasi dengan Polres dan Dinkes Manggarai Barat. Ini penting dan kita harapkan bisa menghindari klaster baru di daerah ini,” ujarnya.

Tentang API sendiri, Syafaat menjelaskan bahwa selama ini even tersebut selalu dilaksanakan di Jakarta. Dan NTT selalu masuk nominasi, bahkan kali ini NTT menjadi tuan rumah gelaran API 2021 yang dilaksanakan di Labuan Bajo.

“Sepanjang even ini dilaksanakan, semua pejabat daerah dan pusat hadir. Kami tidak membiayai, mereka biaya sendiri. Otomatis daerah ini punya pemasukan. Inti dari pelaksanaan even ini untuk promosi daerah yang banyak potensi tapi belum dikenal dan diketahui banyak orang. Target kita selama 6 bulan, API bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat lokal,” jelas Syafaat.

Syafaat menyebutkan, untuk tamu VVIP yang hadir, dari Menko Maritim diwakilkan, Menkumham diwakilkan, KLHK diwakilkan, Menteri Pariwisata hadir lewat video conference, sementara Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur NTB dan Gubernur Riau, serta beberapa bupati dipastikan hadir langsung di lokasi acara.

Untuk even kali ini, demikian Syafaat, NTT punya 8 nominasi, diantaranya Daging Se’i Babi yang merupakan makanan tradisional, Kampung Namata yang masuk kategori kampung adat terpopuler, Pulau Semau, Mulut Seribu, Pulau Meko di Kabupaten Flotim yang merupakan Pasir Timbul masuk kategori wisata air, dan dataran tinggi terpopuler di Atambua.

Dia mengatakan yang memberikan penilaian ini ada dari kelompok jurnalis, komunitas fotografer, blogger, pelaku wisata, juga duta-duta promosi. Dari ribuan, masuk 180 wisata selanjutnya dilempar ke daerah lalu di-vote. (Krf5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top