Tinjau Lokasi Panas Bumi Daratei, Ini Harapan Gubernur NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau Lokasi Panas Bumi Daratei, Ini Harapan Gubernur NTT


GUBERNUR KUNKER. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama rombongan saat meninjau Panas Bumi Daratei, di Desa Ulubelu, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Senin (24/5). (FOTO: SAVER BHULA/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tinjau Lokasi Panas Bumi Daratei, Ini Harapan Gubernur NTT


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ngada, Senin (24/5). Di kabupaten itu, Gubernur VBL dan rombongan menyambangi PT. Indo Bambu, juga meninjau lokasi panas bumi di Desa Ulubelu, Kecamatan Golewa, Ngada.

Kunjungan itu merupakan wujud dukungan pemanfaaran Enerigi Baru Terbarukan (EBT), dimana pemerintah pusat telah menetapkan Pulau Flores sebagai ikon Geothermal Island.

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 2268K/30/MEM/2017 tanggal 19 Juni 2017, terdapat 21 lokasi potensi panas bumi di Indonesia. Dari jumlah itu, empat lokasi yang potensinya besar terdapat di Ulumbu, Mataloko, Sokoria, dan Atadei, di Kabupaten Ngada.

Gubernur VBL mengatakan, pemanfaatan EBT untuk kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat yang sudah menjadi kebutuhan.

“Kami telah melihat pontensi energi baru terbarukan yang besar terhadap masyarakat NTT, terlebih khusus Flores atas eksplorasi yang dilakukan PLN. Saya harap terus dilanjutkan eksploitasinya,” harap Gubernur VBL.

Gubernur VBL juga berharap agar perusahaan yang melakukan kegiatan tersebut memberi sosialisasi yang lebih baik, terarah, sistematis terkait dampak positif dari EBT ini agar masyarakat lebih yakin. “Oleh karena itu, Bupati dan Wakil Bupati Ngada bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tim PLN yang memahami teknis pembangunan energi panas bumi agar duduk bersama untuk merencanakan pembangunan energi panas bumi ini, dan semua kendala dapat diselesaikan dengan membangun komunikasi yang baik dengan para pihak,” pesan Gubernur VBL.

BACA JUGA: Pastor Paroki KKN Were Tolak Pengeboran Panas Bumi, Begini Respon PLN

BACA JUGA: Warga 2 Desa di Ngada Tolak Rencana Pengeboran Panas Bumi di Radabata, Ini Respon PLN

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Agustinus Jatmiko mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi secara bertahap termasuk sudah menyampaikan ke Bupati Ngada. Atas kehadiran Gubernur NTT di lokasi ini, eksplorasi PLTP Daratei akan ditindaklanjuti dengan pertemuan bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga sekitar lokasi.

“Sosialisasi tidak bisa hanya sekali atau dua kali, sehingga PLN akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya di Mataloko. Di Indonesia sudah banyak energi panas bumi yang dibangun dan sangat bermanfaat bagi masyarakat di sekitar lokasi, serta akan memberdayakan dan melibatkan masyarakat dalam operasional,” ungkap Agustinus Jatmiko.

Terpantau media ini, bersama Gubernur VBL, hadir juga Bupati Ngada, Paru Andreas, Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena, Direktur Panas Bumi, Harris ST., MT., GM PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko, GM PLN UIP, Josua Simanungkalit, Manager PLN UPK Flores, Lambok Siregar, Manajer PLN Rayon Bajawa, Firmawan Jayusman, dan Camat Golewa, Kanisus Logo. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top