Kunker ke TTU, Mensos Risma Janji Bantu Alat Berat untuk Keruk Sungai | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunker ke TTU, Mensos Risma Janji Bantu Alat Berat untuk Keruk Sungai


KUNJUNGI TTU. Mensos RI, Tri Rismaharini mendengar penyampaian Bupati TTU, Juandi David saat meninjau langsung kondisi kerusakan akibat badai Seroja di wilayah Kecamatan Insana Utara, dan Kelurahan Benpasi, Selasa (25/5). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

NASIONAL

Kunker ke TTU, Mensos Risma Janji Bantu Alat Berat untuk Keruk Sungai


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) untuk melihat langsung kondisi masyarakat terdampak bencana Siklon Tropis Seroja, Selasa (25/5).

Kunjungan mantan Wali Kota Surabaya tersebut disambut secara adat oleh Bupati TTU, Juandi David, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi, Ketua DPRD TTU, Hendrikus Bana, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Rony Junaidi, Kapolres TTU, AKBP Nelson F. D. Quintas, Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila, dan para pimpinan perangkat daerah setempat di rumah jabatan bupati.

Mensos Risma kepada TIMEX, Selasa (25/5) berjanji akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat TTU, khususnya mereka yang terkena dampak bencana Seroja.

Risma bersama rombongan meninjau langsung lokasi terdampak badai Seroja di wilayah Kecamatan Insana Utara, dan Kelurahan Benpasi. Usai meninjau dua wilayah itu, Mensos berjanji membantu alat berat kepada Pemkab TTU untuk keperluan normalisasi sungai.

“Jadi, permasalahannya adalah sungai ini sudah rata dengan tanah sehingga sungai tidak bisa menampung air sehingga ketika musim hujan airnya meluap ke permukiman warga,” kata Risma.

Menurut Risma, alat berat yang akan diberikan itu untuk pengerukan areal sungai. Nanti sedimen tanah diarea sungai dikeruk lalu dibuatkan tanggul penahan sehingga apabila terjadi luapan sungai ketika hujan, maka tanggul tersebut sebagai penahanannya. “Mungkin kita akan diskusikan, kita akan bantu alat berat sehingga dilakukan pengerukan sungai,” kata Risma.

BACA JUGA: Tinjau Lokasi Bencana di Adonara, Mensos Risma Jalan Kaki 2 Km

Risma yang sempat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Adonara, Flores Timur, April lalu menyebutkan, hampir semua daerah di NTT yang terdampak badai Seroja memiliki kasus yang sama sehingga dianggap perlu melakukan normalisasi sungai.

“Kita akan memberikan lebih kepada masyarakat di TTU. Kalau area sungai sudah dinormalisasi tentu tidak akan ada lagi bencana, dan ketersediaan air tanah untuk masyarakat pun akan semakin banyak,” ujarnya.

Sementara, Bupati TTU, Juandi David menyapaikan terima kasih kepada Mensos, Tri Rismaharini yang telah menyediakan waktunya berkunjung ke TTU.

Bupati Juandi mengatakan, bencana badai Seroja yang melanda sebagian wilayah TTU membawa banyak persoalan baru yang harus dihadapi pemerintah. Misalnya rumah warga terendam banjir, jalan dan jembatan putus maupun dampak lainnya yang merugikan masyarakat.

Karena itu, Bupati Juandi berharap adanya campur tangan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) termasuk pemberian bantuan bagi masyarakat korban Seroja, khususnya perbaikan terhadap sejumlah fasilitas umum yang rusak.

“Kita berharap adanya perhatian serius dari Pemerintah Pusat dalam menyikapi bencana badai Seroja yang melanda TTU. Kita juga berterima kasih kepada Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang sudah berkunjung dan melihat langsung kondisi masyarakat yang terkena dampak bencana Seroja,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top