Kementan Gandeng Komisi IV DPR RI Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial dan Penyuluh di NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kementan Gandeng Komisi IV DPR RI Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial dan Penyuluh di NTT


BIMTEK. Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya, Rudolf Radu Holo dan Kepala SMK PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP., saat kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat, Jumat (28/5). (FOTO: DOK. HUMAS SMK PP NEG. KUPANG)

PENDIDIKAN

Kementan Gandeng Komisi IV DPR RI Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial dan Penyuluh di NTT


KUPANG-Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak meningkatkan produktivitas pertanian yang beriringan dengan peningkatan kesejahteraan petani. Salah satu yang tengah difokuskan adalah Peningkatan Kapasitas Petani Milenial dan Penyuluh Pertanian sebagai pendamping petani. Dengan menggandeng Komisi IV DPR, BPPSDMP melalui SMK-PP Negeri Kupang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sumba Barat, pada Kamis (27/05).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan suatu keniscayaan pertanian harus masuk dalam pemanfaatan teknologi dan inovasi. “Hal itu sejalan dengan tagline pertanian yang maju, mandiri dan modern yang ditandai dengan penggunaan teknologi dalam pertanian,” ungkap Mentan SYL sebagaimana keterangan tertulis Humas SMK PP Negeri Kupang.

Hal senada diungkapkan oleh Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP, sebagai pelaku pembangunan pertanian, petani dan penyuluh sudah selayaknya mendapat prioritas dalam program pembangunan pertanian. “Berbanggalah menjadi petani dan penyuluh karena keberadaan kalian menentukan nasib dari 273 juta penduduk Indonesia,” tegas Dedi.

Bimtek dengan peserta 60 petani dan penyuluh tersebut dihadiri secara langsung Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya, Rudolf Radu Holo serta secara virtual oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si.

BACA JUGA: Gandeng Komisi IV DPR RI, BPPSDMP Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Milenial dan Penyuluh di NTT

BACA JUGA: BPPSDMP Kementan-Komisi IV DPR RI Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di 3 Kabupaten

Dalam sambutannnya Ansy Lema menyampaikan kepeduliannya pada daerah-daerah NTT dan harapannya melalui pembangunan pertanian yang sinergi dan berbasis teknologi.

“Dengan mengembangkan kapasitas petani dan penyuluh di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian di kedua kabupaten tersebut yang notabennya sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani,” harapnya.

Kepala SMK PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP., mengatakan, Bimtek ini bertujuan agar petani dan penyuluh dapat beradaptasi dengan teknologi yang semakin berkembang pesat seiring perkembangan era industri 4.0.

Ungkapan senada juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya, Rudolf Radu Holo. Ia menyadari bahwa penguatan sektor pertanian di Sumba Barat Daya dan Sumba Barat harus dilakukan sekarang juga guna menjaga ketahanan pangan dimana hampir 90 persen masyarakat berprofesi sebagai petani.

Bimtek yang dihelat di Rumah Budaya Sumba tersebut para peserta dibekali juga dengan materi Peningkatan Pelayanan Penyuluhan Pertanian dan Korporasi Petani. (*/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top