Perkuat Kinerja, Ketua Bawaslu RI Pesan Bangun Koordinasi dengan Pemda | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Perkuat Kinerja, Ketua Bawaslu RI Pesan Bangun Koordinasi dengan Pemda


Ketua Bawaslu RI, Abhan (ketiga kiri) didampingi Komisioner Bawaslu NTT saat memberikan arahan dan penguatan kapasitas di aula Bawaslu NTT, Jumat (28/5). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

POLITIK

Perkuat Kinerja, Ketua Bawaslu RI Pesan Bangun Koordinasi dengan Pemda


Kunjungi NTT, Beri Bantuan Terdampak Seroja

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan, berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Kupang, Provinsi NTT. Kunjungan kali ini dimanfaatkan untuk memberikan arahan dan penguatan kapasitas komisioner juga pegawai Bawaslu Provinsi NTT.

Kegiatan ini juga sekaligus menyerahkan bantuan sosial bagi Bawaslu terdampak bencana Siklon Tropis Seroja bertempat di aula Sekretariat Bawaslu NTT, usai bertemu Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Lasikodat, Jumat (28/5).

Ketua Bawaslu RI, Abhan, mengatakan disisa masa kepengurusan ini, Bawaslu harus berkomitmen untuk menyelesaikan tugas secara baik. Apalagi sekarang dalam masa pandemi Covid-19 tentu sangat minim anggarannya, tetapi terus mendorong agar tetap melayani proses Pemilu di semua kabupaten/kota dan provinsi dengan baik.

Abhan mengharapkan pada 2022 mendatang kondisi sudah kembali normal seperti tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun 2022 sudah dimulai tahapan Pemilu, dimana anggaran mobilitas sudah mulai dilakukan.

Abhan meminta Bawaslu NTT untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menyediakan mobilitasnya. “Jangan sampai diberikan mobil yang rusak sedangkan kondisi medan yang sangat ekstrem ini tidak bisa memfasilitasi sedangkan kita harus bergerak maju. Pastikan mobil dan fasilitas lain yang diberikan benar-benar bisa menunjang tugas kita,” harapnya.

Ditegaskan, fasilitas tidak hanya cukup dengan mobilitas saja namun juga fasilitas pendukung seperti sekretariat atau gedung-gedung untuk mendukung kelancaran proses tahapan pemilu.

BACA JUGA: Kunjungi TTU, Ketua Bawaslu RI Disambut Secara Adat

“Kalau Pemda kasikan tanah, kita siap bangun gedungnya, kalau kasih tanah dengan gedung kita siap bangun papan namanya untuk ditempati sehingga menjadi motivasi bagi rekan-rekan dalam menjalankan kerja-kerja Pemilu,” tuturnya.

Ditambahkan, selain fasilitas juga diperkuat dengan ASN, minimal tiga orang untuk menempati jabatan Bendahara dan Korsek . “Kalau sudah ada ASN jangan ditarik lagi ke Pemda karena dengan ASN yang bisa membantu memperlancar semua tahapan pemilu,” ungkapnya.

Ia juga berterima kasih kepada semua anggota dan semua pihak yang sudah mendukung Bawaslu dalam menyukseskan gelaran Pemilu serentak 9 kabupaten di NTT pada Desember 2020 lalu.

“Tentu kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan semua pihak sehingga 9 kabupaten minus Kabupaten Sabu Raijua telah memiliki kepala daerah,” sebutnya.

Kunjungan itu juga diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Bawaslu NTT dan Bawaslu kabupaten/kota terdampak Siklon Tropis Seroja oleh Ketua Bawaslu RI kepada perwakilan penerima dari seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se NTT.

Sesuai agenda kunjungan Ketua Bawaslu RI, Abhan dan rombongan akan melaksanakan Salat Jumat lalu melanjutkan kunjungan ke Bawaslu Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top