Terkait Arah Dukungan PSU Sabu Raijua, Ini Respon Partai Demokrat, PDIP dan PSI | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Terkait Arah Dukungan PSU Sabu Raijua, Ini Respon Partai Demokrat, PDIP dan PSI


Ketua DPD PDIP NTT, Ir. Emelia J. Nomleni. (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Terkait Arah Dukungan PSU Sabu Raijua, Ini Respon Partai Demokrat, PDIP dan PSI


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pasca putusan pendiskualifikasi pasangan Orient Riwu Kore-Thobias Uly (IE-REI) dari calon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua, partai pendukung hingga saat ini belum menyatakan dukungan kepada salah satu dari dua pasangan tersisa.

Untuk menyatakan dukungan ke salah satu pasangan usai menganulir kemenangan pasangan IE-REI ini, partai pengusung seperti PDIP, Demokrat, Gerindra, PSI, dan Perindo masih melakukan konsolidasi.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua akan dilangsungkan pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang.

Ferdy Leu, Sekretaris DPD Demokrat kepada TIMEX, Minggu (30/5) mengatakan, partainya belum memutuskan kemana arah dukungan untuk pasangan calon yang akan mengikuti PSU pada 7 Juli nanti

Ferdy mengaku, komunikasi antarpartai politik dan keinginan masyarakat menjadi pertimbangan utama Partai Demokrat untuk kebaikan masyarakat ke depan. “Hingga saat ini komunikasi secara langsung dan resmi dari kedua pasangan kepada partai Demokrat belum ada, namun partai juga akan menerima masukan dan keinginan masyarakat seperti apa tentang kedua pasangan ini,” sebutnya.

Dengan waktu pelaksanaan PSU yang masih tersisa sebulan ini, Partai Demokrat, kata Ferdy, mengharapkan masyarakat dan pendukung untuk bisa menilai dan menjatuhkan pilihan terbaik dari kedua paslon yang masih ada. “Kesempatan ini harus digunakan secara baik untuk kemajuan Sabu Raijua,” katanya.

Pendukung IE-REI, demikian Ferdy, bisa menentukan pilihan secara bebas, namun secara kelembagaan Partai Demokrat terus melakukan koordinasi, baik kepada DPC dan DPP agar menentukan pilihan yang final.

“Kami memang belum membuat keputusan secara kelembagaan namun kepada masyarakat kami menyerahkan pilihan terbaiknya kepada pasangan yang dinilai paling baik. Intinya masyarakat memilih sesuai kehendaknya karena yang terpenting tidak boleh golput,” ungkap Ferdy.

Pihaknya juga mengaku membuka kesempatan kepada kedua pasangan atau tim untuk melakukan komunikasi namun hingga saat ini belum. “Secara resmi belum ada, namun bisa saja pasangan calon sudah berkoordinasi dengan Ketua DPD, tapi kepada kami semua pengurus belum ada. Kami tetap buka peluang untuk semua,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan NTT, Emelia Nomleni yang dikonfirmasi mengaku sedang melakukan pembahasan bersama semua pengurus DPC sehingga setelah selesai baru bisa disampaikan secara resmi kemana arah dukungan partai berlambang Banteng itu.

“Kita sedang melakukan pembahasan dan memang sedikit terlambat dalam mengambil keputusan namun lebih baik komunikasi dan menghasilkan sebuah kesepakatan yang bulat lebih baik,” katanya.

Konsolidasi terus berjalan dan putusan tetap dijatuhkan kepada salah satu pasangan calon tetapi keputusan ini akan disampaikan secara resmi. “Apapun itu putusannya pasti kami sampaikan,” tandasnya.

Sedangkan Ketua PSI NTT, Cristian Widodo ketika dikonfirmasi mengaku untuk dukungan kepada dua pasangan yang ada sedang berproses. “Kita menunggu juga rekomendasi teman-teman DPD PSI Sabu karena mekanisme di PSI kita selalu mendengarkan masukan dari bawah, berdasarkan masukan itu baru kita ajukan ke DPP,” ungkapnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top