Mencuri dengan Modus Hipnotis, Polisi Amankan Warga Asal Jeneponto | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mencuri dengan Modus Hipnotis, Polisi Amankan Warga Asal Jeneponto


AMANKAN. Tim Buser Polres TTU mengamankan Budi (jongkok/tengah), pelaku pencurian dan penipuan dengan modus berprofesi sebagai tenaga kesehatan di Maslete, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU, Rabu (2/6). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Mencuri dengan Modus Hipnotis, Polisi Amankan Warga Asal Jeneponto


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Buru Sergap (Buser) Polres TTU berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian dan penipuan yang terjadi di Kota Kefamenanu, Rabu (2/6) malam. Pelaku yang berasal dari Desa Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut diketahui bernama Budi. Ia selama ini berprofesi sebagai buruh tenaga lepas.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam kepada TIMEX, Rabu (2/6) membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurut Sujud, sesuai laporan polisi (LP) Nomor: LP/B/118/VI/2021/SPKT/Res TTU/Polda NTT, pada 2 Juni 2021 terjadi kasus pencurian dengan korban atas nama Maria Nahak. Mendapat laporan itu, Tim Buser Polres TTU langsung bergerak cepat mengamankan pelaku. “Pelaku diamankan di Maslete, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu dan langsung digiring ke Mapolres TTU,” ungkap Sujud.

Sesuai kronologi yang berhasil dihimpun tim penyidik dari korban, demikian Sujud, pelaku datang kepada korban dengan modus sebagai petugas kesehatan yang berniat menyembuhkan segala penyakit pada korban.

Dijelaskan, pada saat pelaku sedang melakukan aksinya menyembuhkan korban, pelaku lalu mengambil rantai yang di gunakan korban pada lehernya dengan modus bahwa kalung tersebut akan digunakan sebagai jaminan bahwa korban akan terus berobat dengan pelaku.

BACA JUGA: Bawa Narkoba, Warga Jeneponto Diamankan Aparat Polres Sikka

Atas kejadian tersebut, korban seperti terhipnotis sehingga tidak sadar menyerahkan kalung korban, lalu pelaku pergi dari rumah korban yang beralamat di Maslete, Kelurahan Tubuhue. Saat tersadar barulah korban ingat bahwa kalung yang ia gunakan sebelum telah dibawa pelaku.

“Modusnya itu, pelaku berprofesi sebagai tenaga kesehatan yang bisa menyebuhkan semua penyakit dengan catatan pasien wajib menyerahkan barang mas kepada pelaku sebagai jaminan. Barang jaminan itu kemudian pelaku gadai di Pegadaian,” kata Sujud.

Sujud menambahkan, dari hasil penyelidikan awal, pelaku terbukti melakukan tindak pidana pencurian dan penipuan sehingga langsung ditetapkan sebagai tersangka. Pelaku pun langsung diamankan di tahanan sel Mapolres TTU.

Selain itu, kata Sujud, tim Penyidik juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang tunai, obat-obatan dan juga sejumlah barang yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.

“Pelaku ini sudah melancarkan aksinya di Kota Kupang, Kota SoE, dan Kota Kefamenanu. Sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan dari pelaku,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top