Kasus Covid-19 di Kota Kupang Turun, Tersisa 1 Kelurahan Zona Merah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus Covid-19 di Kota Kupang Turun, Tersisa 1 Kelurahan Zona Merah


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kasus Covid-19 di Kota Kupang Turun, Tersisa 1 Kelurahan Zona Merah


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Kota Kupang menyebutkan, angka kasus Covid-19 di wilayah ini terus mengalami penurunan. Dari total 51 kelurahan pada 6 kecamatan di Kota Kupang, kini tersisa satu kelurahan saja yang masih dalam zona merah Covid-19, yakni Kelurahan Manulai II, dengan jumlah terkonfirmasi Covid-19 lebih dari 10 kasus. Sementara untuk kelurahan lainnya, jumlah kasus rata-rata hanya 1 sampai 9 kasus.

Sesuai data terakhir, jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri sebanyak 97 kasus. Sejak kasus pertama Covid-19 di Kota Kupang pada 9 April 2020 lalu, hingga saat ini total kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 6.971 kasus. Dari jumlah, warga terkonfirmasi korona yang dinyatakan sembuh sebanyak 6.695 orang.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, penurunan kasus Covid-19 di kota ini karena didukung sejumlah faktor. Salah satu yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan Kota Kupang adalah meningkatkan upaya tracing, dimana setiap minggunya harus memeriksa sebanyak 1.000 sampel.

Selain itu, lanjut drg. Retno, adalah program vaksinasi Covid-19, dimana tujuan dari vaksinasi sendiri adalah mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Misalnya kalau dalam jumlah 100 orang, 80 orang diantaranya sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, maka 80 orang itu mampu untuk melindungi 20 orang yang belum menerima vaksinasi,” kata Retnowati saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (4/6).

BACA JUGA: Kabar Gembira, Dinkes Catat Kasus Covid-19 di Kota Kupang Turun 50 Persen

Dengan faktor ini, drg. Retno berharap seluruh masyarakat Kota Kupang yang layak vaksin, agar memanfaatkan program ini demi menciptakan herd immunity di masyarakat. Capaian vaksinasi yang diberikan pemerintah pusat kepada Kota Kupang, sampai dengan saat ini sudah 100 persen.

Retnowati mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Kupang juga mendapatkan anggaran dari refocusing penanganan Covid-19 sebesar Rp 15 miliar.

“Dana Rp 5 miliar itu didapat dari refocusing yang dilakukan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang sendiri, dan tambahannya didapatkan dari OPD-OPD lain. Ini merupakan rencana kegiatan persamaan untuk penanganan Covid-19 di Kota Kupang agar masyarakat tetap aman dan sehat,” kata drg. Retnowati.

Dokter Retno mengatakan, anggaran yang diberikan tersebut juga diperuntukkan bagi insentif tenaga vaksinator, sementara untuk insentif bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien di rumah sakit mendapatkan insentif dari dana BOK non fisik sudah tercover.

Masih menurut drg. Retno, anggaran ini juga di gunakan untuk membeli bahan medis habis pakai, obat-obatan untuk virus, insentif petugas vaksinator, makan dan minum vaksinator dan tenaga swab, operasional untuk kepolisian saat pengamanan vaksin, G-Nose, dan kegiatan operasional tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di hotel yang disewa Pemkot Kupang. (mg25)

Data Persebaran Kasus Covid-19 Per Kelurahan di Kota Kupang:

Kelurahan TDM 1 kasus
Kelurahan Penkase Oeleta 1 kasus
Kelurahan Oesapa Selatan 1 kasus
Kelurahan Oeba 1 kasus
Kelurahan Nunleu 1 kasus
Kelurahan Nunhila 1 Kasus
Kelurahan Nefonaek 1 kasus
Kelurahan Manutapen 1 kasus
Kelurahan Mentasi 1 kasus
Kelurahan Kolhua 1 kasus
Kelurahan Kayu Putih 1 kasus
Kelurahan Airnona 1 kasus
Kelurahan Sikumana 2 kasus
Kelurahan Pasir Panjang 2 kasus
Kelurahan Oetete 2 kasus
Kelurahan Oebobo 2 kasus
Kelurahan Fatululi 2 kasus
Kelurahan Fatufeto 2 kasus
Kelurahan Oesapa 3 kasus
Kelurahan Namosain 3 kasus
Kelurahan Oebufu 4 kasus
Kelurahan Maulafa 4 kasus
Kelurahan LLBK 5 kasus
Kelurahan Kelapa Lima 5 kasus
Kelurahan Bakunase 5 kasus
Kelurahan Penfui 6 kasus
Kelurahan Liliba 8 kasus
Kelurahan Naikoten I 9 kasus
Kelurahan Manulai Dua, 11 kasus.

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top