PLN Bantu Mesin Cacah Plastik Kresek | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

PLN Bantu Mesin Cacah Plastik Kresek


MANFAAT. Inilah sejumlah hasil karya yang dibuat masyarakat dengan mengandalkan olahan sampah plastik di Kabupaten Ende yang sangat bermanfaat. (HUMAS PLN FOR TIMEX)

Advetorial

PLN Bantu Mesin Cacah Plastik Kresek


Inovasi Tingkatkan Produktivitas dan Pendapatan Masyarakat//

KUPANG, TIMEXKUPANG.com – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Flores bersinergi dengan ACIL (Anak Cinta Lingkungan) Ende guna menyukseskan program co-firing. Sinergi ini dilakukan dengan menghadirkan inovasi berupa satu unit mesin cacah plastik kresek dari UGM pada 26 Mei lalu.

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Flores, Lambok R. Siregar mengatakan bahwa visi PT PLN (Persero) 2020-2024 adalah ‘Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi’. Dan sesuai dengan salah satu misi PLN yakni menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan dan pilar green yang menjadi bagian dari transformasi PLN.

Umar Hamdan selaku Ketua organsiasi Anak Cinta Lingkungan (ACIL) Ende juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PLN dengan membantu satu unit mesin cacah plastik kresek. Dengan bantian mesin tersebut, kata Umar Hamdan, maka pihaknya akan mengolah sampah plastik kresek.

“Bantuan mesin cacah plastik kresek ini akan kami gunakan untuk mengolah bungkusan belanjaan, bungkusan jajanan, makanan instan dan lainnya yang merupakan sampak plastik. Kami akan olah menjadi paving block, bahan kursi sofa, bahan meja tamu, campuran aspal dan produk bermanfaat lainnya,” kata Umar.

Dijelaskan bahwa dengan adanyamesin pencacah plastik kresek kurang lebih sudah seminggu, telah membantu meningkatkan produktivitas ACIL. Dimana, pihaknya sudah berhasil mencacah 30 kilogram plastik kresek. Hasilnya kini sudah menjadi paving block, kursi sofa dan beberapa sovenir lainnya.

“Ini sangat membantu sekalu untuk peningkatan pendapatan. Selain itu kehadiran mesin cacah plastik kresek ini juga mendukung terciptanya pendapatan dari masyarakat melalui sampah plastik kresek dan masyarakat dapat menjualnya ke beberapa lokasi bank sampah ACIL di Ende. Harganya Rp 1.500 per kilogram, tuturnya.

Piet Heronimus Djata, selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ende juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT PLN (Persero) yang sudah menghadirkan mesin cacah plastik kresek. Hal tersebut menurutnya, sangat penting karena membantu menyelesaikan permasalahan sampah.

“Bantuan mesin cacah plastik kresek ini sangat membantu menyelesaikan permasalahan sampah plastik terselesaikan. Selain itu, hasilnya bisa dinikmati yakni peningkatan pendapatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kota Raja, Jamaludin Thayib menyampaikan apresiasi kepada PLN yang sudah membantu menyelesaikan permasalahan sampah. “Kami akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memilah sampah. Dan sampah plastiknya bisa dijual untuk menambah penghasilan rumah tangga,” ujarnya. (*/gat)

Komentar Pembaca

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

To Top