Kajari TTU Beri Penerangan Hukum di Stikum Cendana Wangi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kajari TTU Beri Penerangan Hukum di Stikum Cendana Wangi


PENERANGAN HUKUM. Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila saat memberikan penerangan hukum kepada mahasiswa Stikum Cendana Wangi Kefamenanu, Selasa (8/6). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PENDIDIKAN

Kajari TTU Beri Penerangan Hukum di Stikum Cendana Wangi


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) menggelar kegiatan penerangan hukum kepada mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (Stikum) Cendana Wangi Kefamenanu, Selasa (8/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila, Kasi Datun Kejari TTU, Ary Iqbal Setio Nasution, Ketua Stikum Cendana Wangi, Randy Valentino Neonbeni, para dosen dan mahasiswa.

Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila kepada TIMEX, Selasa (8/6) mengatakan, kegiatan Penerangan Hukum yang dilakukan di Stikum Cendana Wangi Kefamenanu tersebut merupakan awal kerja sama antara Kejari TTU bersama Stikum Kefamenanu.

Materi yang disampaikan kepada para Mahasiswa diantaranya, kata Kajari Roberth adalah, tugas dan fungsi dan wewenang Kejaksaan, materi tentang tindak pidana korupsi, dan juga materi tentang hukum acara.

“ita ingin agar mahasiswa Stikum bisa lebih paham tentang wewenang dari Kejaksaan sehingga upaya pemberantasan korupsi di Kabupaten TTU yang sementara dilakukan dipahami dengan baik dan benar termasuk tata cara hukum acara pidana,” ungkap Kajari Roberth.

Roberth berharap, melalui mahasiswa sebagai agen perubahan bisa memberikan pemahaman hukum yang baik kepada masyarakat sehingga bisa meminimalisir terjadinya unsur tindak pidana dalam kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA: Beri Penerangan Hukum di Desa, Jaksa Benfrid Ungkap 5 Modus Korupsi Dana Desa

Sementara itu, Ketua Stikum Cendana Wangi Kefamenanu, Randy Valentino Neonbeni menyampaikan terima kasih kepada Kajari Roberth yang telah memberikan penerangan hukum kepada mahasiswa di kampus tersebut.

Dikatakan, pihaknya akan membangun kerja sama yang baik bersama beberapa lembaga hukum di TTU baik itu kejaksaan, pengadilan maupun kepolisian guna memberikan materi-materi praktis kepada mahasiswa berkaitan dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga hukum dan wewenangnya.

“Ini kegiatan sifatnya edukatif, dan sinkron dengan program kampus merdeka, merdeka belajar dari Stikum dimana mahasiswa disiapkan untuk nantinya keluar dari lembaga pendidikan ini sudah mampu mencerna dan mengkaji masalah-masalah hukum yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

Randy menambahkan, kegiatan penerangan hukum perdana yang dilakukan pihak Kejari TTU tersebut selain memberikan pemahaman hukum juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang berniat menjadi jaksa untuk mempersiapkan diri sejak dini.

Menurut Randy, kegiatan penerangan hukum ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutinitas yang akan dilakukan setiap bulan sehingga dapat memberikan pemahaman hukum yang baik kepada para mahasiswa.
“Kali ini kita undang kejaksaan, nanti berikutnya kita akan undang pengadilan dan kepolisian,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top