Imigrasi Atambua Gelar Sosialisasi APOA Berbasis QR Code | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Imigrasi Atambua Gelar Sosialisasi APOA Berbasis QR Code


SOSIALISASI. Kepala Kantor Imigrasi Atambua K.A. Halim, didampingi Kepala Seksi Inteldakim Yehezkiel Djami, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Firdaus saat sosialisasi APOA berbasis QR Code di Ballroom Hotel Kingstar, Atambua, Kamis (10/6). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Imigrasi Atambua Gelar Sosialisasi APOA Berbasis QR Code


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Kantor Imigrasi Atambua mengelar kegiatan sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) berbasis QR Code.

Kegiatan inovasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dalam hal pengawasan Warga Negara Asing (WNA) yang berada di wilayah Indonesia, digelar di Ballroom Hotel Kingstar Atambua, Kamis (10/6).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Kantor Imigrasi Atambua, K.A. Halim, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Yehezkiel Djami, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Firdaus dan peserta dari perwakilan hotel, penginapan, dan penjamin arang asing.

Kepala Kantor Imigrasi Atambua, K. A. Halim dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberikan informasi terbaru mengenai tata cara pelaporan orang asing kepada pemilik hotel, penginapan serta penjamin orang asing yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Atambua di perbatasan negara RI-Timor Leste.

“Ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru mengenai tata cara pelaporan orang asing kepada pemilik penginapan, hotel, keuskupan dan perguruan tinggi selaku pemberi penginapan, penjamin sponsor kepada warga negara asing yang berada di Indonesia,” tandasnya.

Selanjutnya Kasi Inteldakim, Yehezkiel Djami sebagai narasumber menjelaskan penggunaan aplikasi APOA berbasis QR Code mulai dari cara registrasi dan penggunaan aplikasi APOA di handphone maupun dari web komputer.

Selain menjelaskan mengenai APOA, juga diingatkan kepala pemilik penginapan, hotel, penjamin/sponsor mengenai pelaporan keberadaan orang asing yang dilakukan perbulan kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua dapat dikirim melalui e-Mail maupun WhatsApp kantor.

Melalui kegiatan ini diharapkan pemilik penginapan, hotel, penjamin/sponsor mampu berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan terhadap keberadaan WNA yang berada di Atambua.

Yehezkiel Djami menjelaskan bahwa APOA saat ini adalah pengembangan dari aplikasi sebelumnya berbasis website kemudian dikembangkan menjadi berbasis QR Code yang bisa diakses langsung melalui perangkat handphone.

Dikatakan, APOA sendiri saat ini bisa diunduh melalui playstore sehingga pemilik penginapan atau penjamin orang asing ini bisa langsung memindai QR Code yang berada di stiker visa pada paspor orang asing tersebut.

Yehezkiel berharap melalui sosialisasi APOA terbaru ini, dapat mempermudah pemilik penginapan dan penjamin dalam melaporkan keberadaan orang asing yang berada di lingkungannya. Kegiatan sosialisasi APOA ini berjalan lancar dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Sekedar tahu, sebelumnya 4 Juni 2021 kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua melaksanakan kegiatan operasi gabungan pengawasan orang asing di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, TTU. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antar instansi dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing untuk menjaga kedaulatan negara khususnya di kawasan perbatasan. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top