Tingkatkan Ranking Undana, Ini Saran Jurnalis Timex Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tingkatkan Ranking Undana, Ini Saran Jurnalis Timex Kupang


PAPARAN. Jurnalis TIMEX, Marthen Bana saat memaparkan materi Teknis Penulisan Berita pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Web di lingkungan Undana bertempat di Aston Hotel Kupang, Kamis (10/6) sore. (FOTO: HUMAS UNDANA for TIMEX)

PENDIDIKAN

Tingkatkan Ranking Undana, Ini Saran Jurnalis Timex Kupang


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dalam rangka meningkatkan peringkat Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melalui penilaian webometrik Juli mendatang, sebanyak 17 admin website (web) dari  masing-masing unit di lingkungan Undana, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengelolanya. Salah satunya adalah pelatihan jurnalistik.

Jurnalis senior Timor Express (TIMEX) Kupang, Marthen Bana, S.Pd., M.IKom, yang dihadirkan sebagai salah satu nara sumber pada kegiatan itu meminta para admin website pada setiap unit agar menjadi corong bagi Undana. “Keunggulan bapak/ibu adalah tidak mengontrol lembaga, tetapi bisa menjadi corong bagi Undana. Mohon maaf, jika bapak/ibu tidak berperan, maka kampus ini tidak di kenal dunia luar,” ujar Marthen Bana ketika memaparkan materi Teknis Penulisan Berita dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston, Rabu (9/6) sore.

Marthen yang juga alumni FKIP Undana mengaku ikut bersedih ketika mendapat informasi ranking Undana berada di bawah beberapa universitas di wilayah Timur Indonesia. Karena itu, ia menyarankan, semua pihak harus berkonvergensi dalam dunia digital saat ini, termasuk admin web. “Para admin web harus bisa menunjukkan keunggulan-keunggulan Undana di setiap unit.  Salah satunya adalah memublikasi berita-berita yang baik, edukatif, dan informatif dari setiap unit. Publish keunggulan-keunggulan Undana di sub domain masing-masing unit yang ada,” pinta Marthen sebagaimana keterangan tertulis Humas Undana kepada TIMEX, kemarin (10/6).

Untuk memublikasikan berita, ungkap Marthen, admin web harus memahami teknis penulisan berita. Karena itu, ia juga memotivasi peserta agar bisa memulai kebiasan menulis dengan banyak membaca berbagai referensi dan literatur.

Untuk kebutuhan website, ia menyarankan kepada para admin agar menulis kegiatan-kegiatan atau menulis sejumlah prestasi dan karya para dosen di setiap unit masing-masing dalam bentuk profil.  “Bagi admin web, kalau mau menulis berita, misalnya straight news jangan lupa memperhatikan unsur 5W + 1H (what/apa, who=siapa, when=kapan, where=di mana, why=mengapa, how=bagaimana,” papar Marthen dalam pelatihan yang dipandung langsung Dosen Komunikasi FISIP Undana, Mariana Noya Letuna, Sos., MA itu.

Marthen juga menyampaikan teknik menulis berita lainnya adalah membiasakan diri untuk memilih angle tulisan. “Angle tulisan adalah bagaimana kita melihat sesuatu peristiwa atau fakta dari sudut pandang kita. Karena itu, setiap admin web yang juga berfungsi sebagai reporter, editor bahkan pemimpin redaksi harus mampu memikirkan angle apa yang mau diberitakan ketika berada di lokasi liputan. Angle yang baik akan menghasilkan tulisan yang terarah dan baik,” kata jurnalis yang juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang ini.

Pengelola website Fakultas Hukum (FH) Undana, Ebit Robinson Sonlay, A.Md mengaku sangat senang bisa mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut. Pasalnya, para admin web tidak saja diberi pelatihan jurnalistik, tetapi juga melakukan pemutakhiran data dan informasi website. Termasuk pelatihan editing video dan foto.

Ebit juga meminta saran kepada narasumber agar menjelaskan teknis penulisan keterangan foto. Pasalnya, beberapa foto yang ditampilkan di halaman depan web FH belum memiliki keterangan foto. Pantauan media ini, seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, pelatihan peningkatan kapasitas pengelola website di lingkungan Undana yang dibuka Wakil Rektor Bidang Akademiki, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc ini berlangsung selama tiga hari, sejak Rabu (9/6) hingga Jumat (11/6).

Sejumlah nara sumber dihadirkan dalam pelatihan itu, yakni Dr. Jefry S. Bale, ST., M.Eng yang membawakan materi Strategi Peningkatan Webometrics, Pelatihan Editing Video dan Foto oleh Theosoter Rangga Woly dan Meki Hagi Wila, Marthen Bana (Teknis Penulisan Berita/Jurnalistik), Ferdy Anaboeni, S.Kom (Pengelolaan Website Menggunakan CMS WordPress), dan FGD Strategi Peningkatan Ranking Undana oleh Lembaga Perankingan Nasional dan Internasional oleh Mr. David Spears. (rfl/*/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top