Euro 2020: Diwarnai Drama VAR, Wales Kontra Swiss Berakhir Imbang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Euro 2020: Diwarnai Drama VAR, Wales Kontra Swiss Berakhir Imbang


DUEL IMBANG. Sundulan Kieffer Moore pada menit 74 membuat Wales menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat menghadapi tim tangguh Swiss. (FOTO: Uefa.com/JawaPos.com)

SPORT

Euro 2020: Diwarnai Drama VAR, Wales Kontra Swiss Berakhir Imbang


AZERBAIJAN, TIMEXKUPANG.com-Pertandingan kedua Grup A babak penyisihan grup Euro 2020 pada Sabtu (12/6) malam WIB tanpa pemenang. Duel sengit antara Wales menghadapi Swiss yang digelar di Stadion Nasional Baku, Azerbaijan, berakhir imbang 1-1.

Di atas kertas, Swiss yang memiliki materi pemain lebih merata diunggulkan bisa mengalahkan Wales. Selain itu, rekor pertemuan sebelumnya menunjukkan bahwa Swiss adalah lawan yang kerap membuat Wales kesulitan. Dari 7 pertemuan sebelumnya, Swiss mampu menang 5 kali, dan hanya kalah 2 kali.

Menerapkan formasi 3-4-1-2, Swiss yang dilatih Vladimir Petkovic memerakan permainan menyerang. Duet striker Breel Embolo dan Haris Seferovic mendapat sokongan dari Xherdan Shaqiri. Sementara, sisi sayap Ricaro Rodriguez dan Kevin Mbabu sangat aktif membantu serangan.

Hanya saja, Wales yang dilatih Robert Page tak gentar. Formasi 4-3-3 menjadi andalan untuk meladeni gaya ofensif Swiss. Adu serangan terjadi di babak pertama, namun skor tetap kacamata hingga turun minum.

Pada babak kedua, Swiss langsung tancap gas. Swiss akhirnya memimpin 1-0 pada menit 49 lewat sundulan Embolo dari situasi sepak pojok. Tendangan sudut yang diambil Shaqiri dimanfaatkan oleh Embolo lewat sundulan untuk merobek gawang Wales yang dijaga Danny Ward.

Tersengat gol dari Embolo, Wales meningkatkan tempo permainan. Gareth Bale Cs terus mengambil inisiatif menyerang. Dan, gol penyama kedudukan berhasil dicetak pada menit 74. Sama seperti Swiss, Wales juga mencetak gol lewat tendangan sudut.

Umpan tendangan sudut dari Joe Morrell mampu dimanfaatkan oleh striker Kieffer Moore lewat sundulan. Bola mengarah ke pojok kanan bawah gawang Swiss yang dijaga Yann Sommer. Sang kiper tak dapat menjangkau arah bola sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1.

Drama tersaji di pengujung laga, tepatnya pada menit 84. Mario Gavranovic yang baru beberapa detik masuk ke lapangan menggantikan Seferovic, berhasil mengoyak jala gawang Wales. Para pemain Wales merayakan gol yang dicetak Gavranovic. Namun, wasit Clément Turpin memutuskan mengecek lewat VAR. Dan, dari tayangan di VAR terlihat Gavranovic telah berada dalam posisi offside. Lewat VAR, gol kedua Swiss dianulir.

Hingga laga berakhir, skor 1-1 tak berubah. Ini menjadi hasil imbang pertama dalam sejarah pertemuan kedua tim di semua ajang. (jpc/jpg)

Wales 1-1 Swiss
(Moore 74 – Embolo 49)

SUSUNAN PEMAIN
Wales (4-3-3): Danny Ward, Ben Davies, Joe Rodon, Connor Roberts, Chris Mepham, Joe Allen, Aaron Ramsey (Ampadu 90), Joe Morrell, Gareth Bale, Kieffer Moore, Daniel James (Brooks 75)
Pelatih: Robert Page

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Kevin Mbabu, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodríguez, Fabian Schär, Remo Freuler, Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri (Zakaria 66), Breel Embolo, Haris Seferović (Gavranovic 84)
Pelatih: Vladimir Petkovic

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top