Kasus Korupsi Dana Desa Naikake B segera Disidangkan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus Korupsi Dana Desa Naikake B segera Disidangkan


PERIKSA: Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila saat memeriksa tersangka Herminigildus Tob di ruang Kerja Kajari TTU, belum lama ini. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Kasus Korupsi Dana Desa Naikake B segera Disidangkan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Timor Tengah Utara (TTU) akhirnya merampungkan berkas perkara penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa di Desa Naekake B, Kecamatan Mutis sejak tahun 2015 sampai tahun 2020 lalu.

Terbukti, tim penyidik Kejari TTU melakukan pelimpahan berkas perkara tahap kedua kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari TTU usai berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21).

Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila, kepada TIMEX, Sabtu (12/6) mengatakan, tim penyidik Kejari TTU telah merampungkan berkas perkara dari dua orang tersangka, yakni Herminigildus Tob selaku mantan Kepala Desa Naikake B, dan Milkior Tob selaku Bendahara Desa Naikake B dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa setempat selama satu periode kepemimpinannya.

Dikatakan, dengan lengkapnya berkas perkara tersebut, JPU Kejari TTU segera melakukan pelimpahan berkas perkara dana desa Naikake B ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang untuk segera disidangkan.

BACA JUGA: Dihadapan Kajari TTU, Kades Naekake B Akui Pakai Dana Desa untuk untuk Perkaya Diri

“Karena sudah lengkap maka Tim Penyidik akan segera menyerahkan berkas perkara ke tangan penuntut umum kemudian oleh penuntut umum akan segera melakukan pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk segera disidangkan di sana,” ungkap Roberth.

Roberth menambahkan, sesuai hasil penyelidikan dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa di Desa Naikake B, dengan merujuk pada hasil perhitungan oleh tim Inspektorat Daerah, maka negara mengalami kerugian keuangan hingga Rp 1, 7 miliar akibat perbuatan dari kedua tersangka.

Dijelaskan, dalam kasus ini juga tim penyidik Tipidsus Kejari TTU telah menyita dua unit mobil dump truck milik tersangka Herminigildus Tob dan menyita sejumlah uang yang nilainya mencapai Rp. 400 juta lebih dari tangan tersangka.

“Yang sudah kami sita dari tersangka (mantan Kades) ada dua unit mobil dump truck dan uang senilai Rp. 400 juta lebih,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top