Pembangunan di Matim Bergeliat, Ketua DPRD Apresiasi Pemerintah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pembangunan di Matim Bergeliat, Ketua DPRD Apresiasi Pemerintah


TANDA TANGAN PRASASTI. Bupati Matim, Agas Andreas membubuhkan tanda tangannya pada prasasti sebagai tanda peresmian bangunan Puskesmas Afirmasi Watunggong, Kamis (11/6) siang. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pembangunan di Matim Bergeliat, Ketua DPRD Apresiasi Pemerintah


Puskesmas sebagai Motivator dan Agen Perubahan

BORONG, TIMEXKUPANG.com-Puskesmas merupkan ujung tombak dalam penyelenggaraan kesehatan. Sehingga diharapkan bertindak sebagai fasilitator, motivator serta agen perubahan yang turut mendukung terciptanya lingkungan dan perilaku hidup sehat. Demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) telah bersungguh-sungguh dan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ujar Bupati Matim, Agas Andreas, saat meresmikan gedung Puskesmas Afirmasi Watunggong, Kecamatan Congkar, Kamis (11/6) siang.

Menurut Bupati Agas, salah satu kesungguhan dan upaya itu, Pemda Matim terus berusaha untuk menyediakan serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana Puskesmas. Sebut saja sejak tahun 2018, Pemkab Matim telah membangun 11 gedung Puskesmas Afirmasi. Termasuk pembangunan satu RSUD Borong.

Saat ini, kata Bupati Agas, sedang dibangun RS Pratama Watunggong. Targetnya, semua bangunan Puskesmas yang ada di Matim, akan dibangun gedung serupa. Janji Bupati Agas, Ppemerintah terus meningkatkan pelayanan kesehatan, guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kepada Kepala Puskesmas Watunggong berserta jajarannya, untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terhadap masyarakat. Layani dengan penuh senyum. Selalu mengedepankan kepentingan dan keselamatan masyarakat. Namun juga tetap memperhatikan keselamatan diri dalam bekerja,” pesan Bupati Agas.

Sementara Ketua DPRD Matim, Heremias Dupa dalam kesempatan itu mengapresiasi geliat pembangunan di Matim yang sungguh luar biasa. Khususnya di bidang kesehatan, baru saja tiga tahun, pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Agas Andreas dan Jaghur Stefanus dengan akronim ASET, telah membangun dua rumah sakit, sejumlah Puskesmas Prototype Afirmasi.

“Salah satunya, bangunan megah Puskesmas Watunggong yang diresmikan hari Ini. Tentu ini satu karya yang luar biasa. Kita harus bersyukur dan bangga, bahwa dalam usia 13 tahun Kabupaten Matim, geliat pembangunannya sangat luar biasa,” kata Dupa.

BACA JUGA: Bupati Matim Sampaikan Hal Ini Saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSP Watunggong

Dupa berharap agar Matim terus bergerak menuju kabupaten terbaik di Provinsi NTT, terutama menuju kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dupa juga mohon doa dari seluruh masyarakat Matim, agar pemerintah dan DPRD Matim, tetap diberikan kesempatan sehingga kerja-kerja pelayanan untuk Matim semakin hari semakin baik.

“Segala pencapaian Pemerintah Kabupaten Matim sejalan dengan Visi SEBER di masa kepemimpinan ASET. Segala capaian itu merupakan buah dari dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Matim,” bilang Dupa.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Matim, dr. Surip Tintin menjelaskan, sejak 2018 hingga sekarang, dari sekira 22 Puskesmas di Matim, sebanyak 11 gedung yang diintervensi dengan pembangunan Puskesmas Afirmasi. Sementara Puskesmas Watunggong, salah satu Puskesmas Afirmasi yang dibangun tahun 2020 lalu.

“Pemda Matim melalui Dinas Kesehatan mendapat kepercayaan membangun Puskesmas Afirmasi sejak tahun 2018 sampai tahun 2021 sebanyak 11 gedung. Tahun 2021 ini, kita akan bangun satu gedung Puskesmas Afirmasi, yakni Puskesmas Mamba,” jelas dr. Tintin.

Dokter Tintin melanjutkan, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan paket Puskesmas Afirmasi di Matim, nilainya berkisar Rp 9 sampai Rp 10 miliar. Paketnya terdiri dari gedung utama, rumah dinas, alkes, sarana transportasi, instalasi listrik, dan instalasi air. Semua itu dibangun untuk mewujudkan harapan masyarakat dalam mendekatkan akses pelayanan ke fasilitas kesehatan.

Hadir dalam acara peresmian gedung Pusekesmas Watunggong, pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Matim, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Matim, Theresia Wisang-Agas, pimpinan OPD, camat Congkar, sejumlah kepala desa dan lurah, tokoh agama, tokoh adat, jajaran pegawai Dinas Kesehatan Matim, Kepala Puskesmas Watunggong bersama jajaranya, dan masyarakat Watunggong.

Peresmian gedung itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Agas. Selanjutnya Bupati bersama pejabat yang hadir meninjau seluruh ruangan dan fasilitas yang ada di  dalam bangunan puskesmas itu. Acara itu berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top