Aurellya dan Jossy Wakili NTT ke Paskibraka Nasional di Jakarta | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Aurellya dan Jossy Wakili NTT ke Paskibraka Nasional di Jakarta


WAKIL KOTA KUPANG. Aurellya Valerini Sampelan, pelajar SMAN 4 Kota Kupang (kanan) dan Jossy Reggyandro Lobo, siswa SMAN 5 Kupang terpilih mewakili NTT sebagai anggota Paskibraka Nasional. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

PENDIDIKAN

Aurellya dan Jossy Wakili NTT ke Paskibraka Nasional di Jakarta


Pelajar SMAN 4 dan SMAN 5 Kota Kupang

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dua orang pelajar SMA Negeri di Kota Kupang, terpilih mewakili Provinsi NTT sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) tingkat nasional di Jakarta pada upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021 mendatang.

Kedua pelajar yang beruntung itu, yakni Aurellya Valerini Sampelan, siswi Kelas X, SMAN 4 Kota Kupang, dan Jossy Reggyandro Lobo, siswa kelas X SMAN 5 Kupang. Keduanya terpilih mewakili NTT setelah mengikuti berbagai rangkaian seleksi yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dispora Kota Kupang, Melkianus CN Siokain, mengantarkan kedua siswa ini untuk melaporkan ke pimpinan DPRD Kota Kupang, Senin (14/6).

Melkianus menjelaskan, Dispora Kota Kupang menerima surat edaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk pelaksanaan seleksi bagi peserta Paskibra, baik di tingkat kota, provinsi, dan nasional.

“Dan setelah diseleksi dari Kota Kupang, dua pelajar lolos untuk ke tingkat provinsi dan dua pelajar lolos ke tingkat nasional. Aurellya dan Jossy terpilih ke tingkat nasional setelah mengikuti seleksi dengan perwakilan dari 22 kabupaten/kota di NTT,” beber Melkianus.

Melkianus mengatakan, masing-masing kabupaten/kota mengirim dua orang untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat nasional, dan setelah mengikuti berbagai rangkaian seleksi perwakilan NTT di tingkat pusat adalah dari Kota Kupang.

Sampai saat ini, kata Melkianus, semua biodata juga persyaratan lainnya telah dikirim ke pemerintah pusat, dan pada 23 Juni mendatang kedua anak ini akan dikarantina di tingkat provinsi dan selanjutnya dikirim ke Jakarta.

Melkianus mengaku, sampai saat ini seleksi untuk Paskibra tingkat Kota Kupang juga sudah berjalan dan ditangani oleh pelatih dari unsur Kepolisian, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Darat.

Sementara untuk pelaksanaan upacara memperingati hari kemerdekaan RI tingkat Kota Kupang sendiri akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, dan semuanya sementara diatur agar tertib.

Jossy Reggyandro Lobo, siswa kelas X SMAN 5 Kupang ini mengatakan, terpilihnya ia sebagai perwakilan Provinsi NTT untuk bergabung dalam tim Paskibraka Nasional menjadi suatu kebanggaan tersendiri baginya, karena bisa membanggakan orang tua dan sekolah serta daerah. “Sampai saat ini saya juga terus berlatih dan sudah mencapai 70 persen, karena dukungan dari pemerintah, sekolah, dan terutama dari orang tua,” kata pelajar dengan tinggi 172cm ini.

Jossy katakan, ketika awal ditunjuk untuk mengikuti seleksi, ia tidak mengira bahwa dirinya yang akan terpilih. “Puji Tuhan, terpilih menjadi perwakilan NTT merupakan anugerah yang harus dijalankan secara baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Aurellya Valerini Sampelan, siswi Kelas X SMAN 4 ini mengaku sangat kaget ketika dirinya terpilih mewakili NTT di tingkat nasional. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan yang tidak akan pernah dilupakan, dan menjadi suatu pengalaman berharga bagi dirinya.

“Membawa nama NTT di tingkat nasional tentunya merupakan sebuah kebanggaan. Karena itu, saya akan menjaga sebaik mungkin nama daerah ini, dan akan bertanggungjawab mengikuti semua proses pelatihan, dan sampai pada pelaksanaan upacara nanti. Saya berharap semuanya berjalan lancar,” kata Aurellya.

Dia mengaku, dukungan dari orangtua dan juga pihak sekolah serta pemerintah menjadi motivasi untuk dirinya tetap melatih diri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Terpilih menjadi perwakilan daerah, merupakan berkat Tuhan.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Kupang, Richard Odja, mengatakan, pihaknya sangat mendukung anak-anak Kota Kupang mewakili NTT untuk ikut terlibat sebagai anggota Paskibra Nasional.

“Saya harapkan pemerintah menyiapkan sertifikat agar menjadi suatu penghargaan dan pegangan bagi mereka untuk masa depan mereka nantinya. Mereka juga harus menjadi motivator bagi generasi mereka, dan harus selalu tampil dan menjadi contoh bagi generasi berikut,” pesan Richard Odja.

Anggota DPRD Kota Kupang lainnya, Djuneidi Kana mengatakan, terpilihnya kedua anak ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Kupang, karena mewakili nama NTT di tingkat pusat.

“Ke depan diharapkan pemerintah juga lebih fokus dan memberikan perhatian serius kepada generasi penerus ini, untuk terus mengambil bagian dan berpartisipasi dalam berbagai bidang, baik di tingkat daerah maupun nasional,” harapnya sambil berpesan agar pada upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI tingkat Kota Kupang nanti dapat digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top