Isu Keretakan Warnai Ruang Ganti Prancis Jelang Lawan Jerman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Isu Keretakan Warnai Ruang Ganti Prancis Jelang Lawan Jerman


Penyerang Prancis Kylian Mbappe saat berlatih jelang lawan Jerman pada laga Grup F Euro 2020. (FOTO: Franck Fife/AFP/JawaPos.com)

SPORT

Isu Keretakan Warnai Ruang Ganti Prancis Jelang Lawan Jerman


MUENCHEN, TIMEXKUPANG.com-Pesan gelandang Prancis Paul Pogba kepada rekan setimnya untuk bisa meraih kesuksesan di Euro 2020 sudah sangat jelas. ”Jangan menuruti ego karena egolah yang bakal membunuhmu,” ucap Pogba kepada TF1 sepekan lalu (7/6).

Pesan yang layak dicamkan oleh para pemain Prancis mengingat skuad Les Bleus dipenuhi banyak pemain bintang. Juga salah satu skuad paling bernilai di Euro 2020 berdasar Transfermarkt. Les Bleus hanya kalah oleh The Three Lions –julukan timnas Inggris.

Tanda-tanda ego sudah merusak internal Les Bleus mengemuka beberapa hari terakhir. Curhat striker Olivier Giroud tentang minimnya suplai bola kepadanya saat uji coba kontra Bulgaria (9/6) jadi akar permasalahan. Ollie –sapaan akrab Giroud– secara implisit menyindir wide attacker Kylian Mbappe.

Meski Giroud dikabarkan telah minta maaf ke Mbappe, isu keretakan di ruang ganti Prancis itu jadi bumbu jelang big match melawan Jerman di Allianz Arena, Muenchen, dini hari nanti (Siaran langsung RCTI/iNews/ON Channel HD/Soccer Channel/ Mola TV pukul 02.00 WIB).

”Kami sudah membicarakan dan mendiskusikan apa yang sudah banyak dibahas orang-orang tentang kami. Saya sedikit terpengaruh,” ungkap Mbappe seperti JawaPos.com lansir dari L’Equipe.

”Tetapi, kami tidak akan membuat masalah yang besar. Timnas Prancis tetap yang paling penting. Hal-hal sepele tidak akan mengganggu persiapan kami,” sambung bintang Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

Masalahnya, saat menjelaskan relasinya dengan Giroud, Mbappe malah membanding-bandingkan striker Chelsea itu dengan rekan seklubnya di PSG, Neymar Jr.

”Neymar menyentuh 150 bola per laga, Olivier lebih sedikit mengingat posisinya. Kalau Anda bandingkan operan saya ke Neymar dan Olivier, sudah pasti saya lebih sedikit mengoper ke Olivier. Tetapi, itu bukan berarti saya tidak melihat ke Olivier lho ya,” tutur Donatello –julukan Mbappe– yang malah memperpanjang masalah.

Suasana yang kurang kondusif itu sudah coba diredam. Striker Prancis lainnya, Antoine Griezmann, mengunggah foto skuad Prancis melalui akun Instagram-nya kemarin (14/6).

Entraineur Didier Deschamps pun ikut bersuara. Tentu saja, pelatih yang biasa disapa Didi itu menyangkal adanya perseteruan antara Mbappe dan Giroud. ”Jujur, secara internal, saya tak bisa membahasnya karena memang itu bukan masalah kami. Tidak seperti yang banyak diomongkan di luar sana. (Internal Prancis) baik-baik saja,” klaim Didi.

Seperti Prancis, Jerman masuk skuad bernilai mahal di Euro 2020. Hanya satu setrip di bawah Prancis. Karena itulah, dari sisi pemilihan pemain untuk starting XI pun rentan dengan pro dan kontra. Jika di Prancis bersumber pada Giroud, di Jerman juga striker asal Chelsea Timo Werner.

Striker berjuluk Turbo Timo itu masuk ke skuad Die Mannschaft di Euro 2020 sebagai pemain yang mengangkat Si Kuping Lebar (sebutan trofi juara Liga Champions) musim lalu.

Dan, itulah satu-satunya alasannya. Secara performa, Werner mengalami penurunan. Musim lalu dia hanya mengemas 12 gol bersama Chelsea atau nyaris sepertiga dari capaiannya semusim sebelumnya ketika masih berbaju RB Leipzig.

Berbicara dalam laman resmi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Werner siap jika dia harus memulai laga dari bangku cadangan. ”Dalam level seperti ini, wajar jika ada pemain yang hanya dimainkan sebagai pengganti atau dalam waktu-waktu tertentu. Yang penting, Anda bisa menunjukkan kepada pelatih kontribusi Anda seperti apa,” beber striker 25 tahun tersebut. (ren/c17/dns/JPG)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top