Polsek Loura Gelar Kampanye Damai Tertib Berlalu Lintas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Polsek Loura Gelar Kampanye Damai Tertib Berlalu Lintas


KAMPANYE TERTIB LALIN. Kapolsek Loura, AKP Edy saat menyerahkan bunga sebagai bentuk terima kasih kepada salah seorang ibu pengendara sepeda motor yang secara sadar patuh dan tertib berlalulintas. (FOTO: FREDI BULU LADI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Polsek Loura Gelar Kampanye Damai Tertib Berlalu Lintas


TAMBOLAKA, TIMEXKUPANG.com-Kepolisian Sektor (Polsek) Loura, Polres Sumba Barat Daya (SBD) menggelar kegiatan kampanye tertib berlalu lintas di wilayah Kota Tambolaka guna menekan tingginya angka kecelakaan berlalu lintas di wilayah itu.

Kapolsek Loura, AKP Edy, SH., MH menilai bahwa masih banyak masyarakat Kabupaten SBD yang belum mematuhi peraturan berlalu lintas di jalan raya. Menurutnya dengan kegiatan kampanye damai yang melibatkan sektor pemerintah, pelajar, dan mahasiswa, maka diharapkan kegiatan kampanye damai tertib berlalu lintas bisa merubah pola masyarakat yang tidak tertib di jalan.

Kegiatan dengan tujuan mensosialisasikan tertib berlalu lintas itu diharapkan mengubah perilaku masyarakat SBD agar tertib berlalu lintas di jalan. Misalnya mengenakan helm ketika mengendarai kendaraan roda dua, sepeda motor dilengkapi dengan kaca spion dan lampu serta pengendara memiliki SIM. Menurut Edy, selama ini kebiasaan mengendarai sepeda motor tanpa helm dan kelengkapan kendaraan lainnya seolah menjadi hal yang dianggap biasa oleh masyarakat. Padahal Tambolaka ini merupakan kota kabupaten, bahkan sudah memiliki Polres sendiri.

Oleh karena itu, kata Edy, masyarakat harus diedukasi agar mulai sadar tertib berlalu lintas. Terhitung Senin (14/6) sampai satu bulan kedepan, kata Edy, pihak Polsek Loura, akan lakukan kampanye agar masyarakat terbiasa tertib berlalu lintas. Apabila selama satu bulan ke depan tidak ada perubahan maka akan dilakukan penindakan untuk menertibkan kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat.

“Kita fokuskan edukasi pada tahap ini selama satu bulan dengan cara melakukan kampanye damai agar masyarakat Sumba Barat Daya mulai tertib berlalu lintas, menggunakan helm, memiliki SIM dan kendaraan harus dilengkapi dengan surat-surat. Kalau sampai dengan tahap berikut belum ada perubahan maka akan dilakukan penindakan tegas” tegas Edy disela-sela kegiatan kampanye damai tertib berlalu lintas.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 Wita itu dibuka Wakapolres SBD, Kompol Yoseph Taustilis. Kegiatan long march dimulai dari lapangan Galatama menuju ke simpang SPBU Radamata itu diikuti oleh para kepala desa se kecamatan Kota Tambolaka, Linmas, mahasiswa dari Kampus STKIP Weetebula, dan mahasiswa Kampus Stimikom Stelamaris Sumba. Selain mahasiswa, kampanye ini juga melibatkan para pelajar yang diwakili siswa SMAK St. Alfonsus Weetebula dan SMK Bhakti Luhur.

Sepanjang jalan para kepala desa bergantian melakukan orasi sadar berlalu lintas yang dimulai oleh Kepala Desa Kalena Wanno, Vinsensius Malo Ngongo. Dalam orasinya, Vinsensius mengimbau agar masyarakat tertib berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan. Menurutnya selama ini tingginya angka kecelakaan di SBD karena rendahnya kesadaraan masyarakat memakai helm.

“Banyak kecelakaan disebabkan oleh kelalaian. Banyak anak muda menjadi korban kecelakaan hingga berujung kematian. Kasihan itu usia produktif semestinya tidak terjadi kalau mereka patuh berlalu lintas,” ujar Vinsensius saat berorasi di atas kendaraan Brimob.

Selama kegiatan berlangsung, setiap pengendara kendaraan yang ditemui, khususnya mereka yang patuh berlalulintas langsung diberi bunga sebagai simbol terima kasih karena sudah bersama-sama menjaga ketertiban lalu lintas. Kapolsek Edy ketika menyerahkan bunga kepada salah satu ibu pengendara roda dua mengucapkan terima kasih karena sudah menggunakan helm. Kapolsek Edy juga berharap agar ibu itu juga menjadi bagian dari kelompok yang membantu kepolisian mengampanyekan tertib berlalulintas.

Sementara ketika menemui pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm langsung diberi pembinaan secara persuasif dan humanis. Tujuannya menumbuhkan kesadaraan dalam diri untuk mulai tertib berlalu lintas. (mg34)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top