TMMD 111 Bantu Petani Desa Lekona, Dandim Berterima Kasih ke Bupati Paulina | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TMMD 111 Bantu Petani Desa Lekona, Dandim Berterima Kasih ke Bupati Paulina


SIMBOLIS. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu secara simbolis menyerahkan peralatan kepada prajurit TNI, dan masyarakat penerima manfaat dari kegiatan TMMD ke-111, di Makodim 1627/Rote Ndao, Selasa (15/6). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

TMMD 111 Bantu Petani Desa Lekona, Dandim Berterima Kasih ke Bupati Paulina


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-111 akan dirasakan manfaatnya oleh petani Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru. Pasalnya melalui TMMD ini, ada saluran irigasi yang dibangun di dalam kompleks persawahan. Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB menyampaikan terima kasih karena TMMD ke-111 ini mendapat dukungan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu.

Pembangunan fisik berupa pembangunan saluran irigasi sudah mulai dikerjakan. Sesuai rencana, saluran irigasi itu memiliki panjang 600 meter di kompleks persawahan Dalesue.

Kepala Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru, Stefen J. Beda, mengaku dampak dari pembangunan saluran irigasi ini bakal dirasakan oleh 215 petani sawah di wilayah itu. “Sangat senang. Karena ini sudah sangat membantu kami pemerintah, apalagi pesawah yang adalah warga desa kami. Jumlahnya ada 215 pesawah,” kata Stefen ketika dikonfirmasi TIMEX, Selasa (15/6).

Stefen mengaku, warga desanya juga ikut membantu prajurit TNI yang mengerjakan saluran irigasi itu, sebab para pesawah yang akan menikmati manfaat saluran tersebut. “Pesawah juga bantu kerja, tapi tidak sebanyak anggota TNI. Karena ada yang sudah mulai garap lahanya di lokasi lain,” kata Stefen. “Titik pembangunan saluran irigasi itu di wilayah desa kami, yaitu di Dusun Danaodaifulak. Karena kompleksnya dengan dua kali musim kerja, dengan luasnya 112 hektar,” beber Stefen yang menyebut pekerjaan saluran itu sudah mencapai 300-an meter.

“Sudah mulai kerja. Kalau tidak salah sekitar 350 meter, tapi itu baru pasangan. Tinggal dilanjutkan dengan plesteran dan lantai, dan itu juga pasti dalam waktu dekat sudah habis dikerjakan,” tambah Stefen.

Stefen dalam kesempatan itu menyatakan, atas nama masyarakat, pihaknya menyampakan terima kasih kepada Kodim 1627/Rote Ndao yang sudah membantu mereka melalui kegiatan TMMD. “Terima kasih karena masyarakat kami sudah dibantu dengan pembangunan saluran irigasi. Bantuan ini sangat menyentuh kebutuhan masyarakat kami, yang kebanyakan adalah petani,” sambungnya.

Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB, dalam laporanya saat pembukaan TMMD 111 menyebutkan, selain kegiatan fisik pembangunan saluran irigasi di Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru, pihaknya juga menggelar kegiatan non fisik.

Dandim Educ mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk bersinergi demi menyukseskan pelaksanaan TMMD ke-111. “Sasaran fisik adalah di Desa Lekona, di Kecamatan Pantai Baru, yaitu pembangunan dan rehabilitasi saluran irigasi. Begitu juga kegiatan non fisik yang akan dilakukan. Diantaranya, kegiatan penyuluhan yang bersentuhan langsung dengan aktifitas masyarakat,” kata Dandim Educ, di Makodim setempat, Selasa (15/6).

Dikatakan, kegiatan penyuluhan yang dilakukan berupa inseminasi bersama Dinas Peternakan. Bahkan, beberapa dinas lainnya juga mendukung untuk menyukseskan TMMD 111, seperti Dinas Sosial, UPTD Kehutanan, dan Dinas Pertanian. Bersama Dinas Pertanian, sebut Dandim, akan dilakukan kegiatan optimalisasi lahan tidur.

“Kegiatan non fisik yang dilakukan diantaranya, penyuluhan tentang inseminasi melalui dukungan dari Dinas Peternakan. Ada beberapa OPD juga yang membantu, dari hasil koordinasi yang terbangun,” kata Dandim Educ. “Ucapan Terima Kasih, kami sampaikan kepada Bupati Rote Ndao, yang telah mengarahkan seluruh OPD, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan TMMD ini. Kami berharap, melalui kegiatan ini, dapat mencapai sasaran yang diharapkan untuk mewujudkan sinergi membangun negeri,” pungkas Dandim Educ. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top