Berguru Pengembangan Pariwisata, DPRD TTU Sepekan di Labuan Bajo | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Berguru Pengembangan Pariwisata, DPRD TTU Sepekan di Labuan Bajo


CENDERA MATA. Wabup Mabar, dr. Yulianus Weng saat menyerahkan cendera mata kepada Ketua DPRD TTU, Hendrikus F. Bana di kantor Bupati Mabar, Rabu (16/6). (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

POLITIK

Berguru Pengembangan Pariwisata, DPRD TTU Sepekan di Labuan Bajo


LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.com-Untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Para legislator ini berada di destinasi wisata super premium itu selama sepekan.

“Ya, kita datang dari TTU ingin belajar dan melihat bagaimana mengelolah pariwisata yang baik seperti yang terjadi di Labuan Bajo,” ungkap Ketua DPRD TTU, Hendrikus F. Bana kepada TIMEX saat ditemui di kantor Bupati Mabar, Kamis (17/6).

Hendrikus menjelaskan, alasan DPRD TTU memilih Labuan Bajo untuk tujuan kegiatan kunjungan ini karena kemajuan pariwisata Labuan Bajo begitu pesat dan luar biasa. Karena itu, kata Hendrikus, pihaknya mengunjungi Mabar untuk meminta masukan dan informasi teknis, baik dari Bupati, Wakil Bupati serta pejabat di Mabar agar bisa mentransfer pengetahuan tentang arah strategi bagaimana mengelola pariwisata di Labuan Bajo.

“Ini penting, agar ketika kami kembali ke TTU bisa menyampaikan ke pemerintah daerah TTU untuk bisa melakukan apa yang baik, strategi-strategi membangun dan mengembangkan pariwisata TTU sendiri dengan lebih baik seperti yang dilakukan di Manggarai Barat,” katanya.

Hendrikus Bana menegaskan bahwa pariwisata di TTU, baik itu potensi dan panorama alamnya juga luar biasa, hanya tinggal bagaimana mengatur strategi dan managemen yang baik dan benar dalam mengelola potensi yang ada supaya bisa dinikmati masyarakat, dan untuk kemajuan daerah TTU.

“Karena itu supaya pariwisata di TTU bisa maju maka kami perlu belajar dulu dari Manggarai Barat ini. Kami akui sumber daya untuk mengelolah pariwisata ini masih lemah sehingga kami perlu belajar dan belajar lalu bisa berbuat sesuatu menjadi lebih baik,” tandasnya.

Untuk diketahui sejumlah obyek wisata unggulan yang ada di TTU antara lain, Tanjung Bastian, Pantai Wini, Bukit Tuamese, Lembah Bikomi, Mata Air Oeluan, dan Desa Adat Tamkesi.

Dalam kesempatan dialog bersama Pemkab Mabar, Wakil Bupati dr. Yulianus Weng dalam paparannya menjelaskan secara panjang lebar tentang perkembangan strategi dan kemajuan pariwisata sebagai sektor andalan program pembangunan untuk kemajuan daerah ini.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Manggarai ini juga mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini Mabar sudah melakukan vaksin kepada pelaku pariwisata di Labuan Bajo termasuk para pemilik hotel dan restoran serta karyawan dan staf hotel sehingga para tamu yang berkunjung ke Labuan Bajo merasa lebih aman dan nyaman.

Setiap hari, kata dr. Yulianus, ada 1.000 orang divaksin dan sekarang pelayanan vaksin sedang berlangsung di pesisir dan pulau-pulau. “Sekarang jumlah pasien terus menurun. Kita terus bekerja untuk bisa meminimalisir Covid-19 ini dengan terus mengingatkan masyarakat supaya taat prokes,” tegasnya. (Krf5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top