Danrem 161/Wirasakti Hadiri Pembukaan TMMD di Rote Ndao, Bupati Pesan Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Danrem 161/Wirasakti Hadiri Pembukaan TMMD di Rote Ndao, Bupati Pesan Hal Ini


KUNJUNGI ROTE. Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI, Legowo W. R. Jatmiko (Kanan/bertopi Ti'i Langga) saat tiba di Makodim 1627/Rote Ndao, untuk mengikuti pembukaan TMMD ke-111. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Danrem 161/Wirasakti Hadiri Pembukaan TMMD di Rote Ndao, Bupati Pesan Hal Ini


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Komandan Resor Militer (Danrem) 161/Wirasakti, Brigjen TNI, Legowo W. R. Jatmiko menghadiri acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, yang berlangsung di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1627/Rote Ndao, Selasa (15/6). Pembukaan TMMD tersebut dilakukan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, yang ditandai dengan menabuh gong, dan simbolis penyerahan sejumlah perlatan pelaksanaan TMMD.

Danrem Legowo kunker ke Rote Ndao didampingi istri, Ny. Christiana Sari Proboningrum, juga Kepala Seksi Teritorial (Kasi Ter), Kolonel Inf. Seniman Zega. Rombongan tersebut, tiba di Rote Ndao menumpang pesawat Wings Air ATR 72-500 PK-W, dan disambut secara adat oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, serta jajaran Forkopimda di Bandara DC. Saudale.

“Hari ini, Selasa (15/6) TMMD ke-111 dibuka secara serentak di seluruh Indonesia. Sebab, TMMD, merupakan program nasional, yang dilaksanakan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia,” kata Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, mengawali sambutanya pada acara pembukaan TMMD ke-111.

Menurutnya, pelaksanaan TMMD, menyasar dua jenis kegiatan, yakni kegiatan fisik dan non fisik. Sebagaimana disebutkan Danrem Legowo, pelaksanaan kegiatan fisik, dapat dilakukan tergantung dari kepala daerah dan Dandim, yang disepakati melalui koordinasi yang dibangun.

Danrem Legowo mencontohkan, jika disepakati untuk membangun jalan, irigasi, dan kegiatan lainya yang bersifat sangat penting, maka segera lakukan. Prinsipnya, dibutuhkan dan membantu masyarakat. “Kalau mau bangun jalan misalnya, tergantung kerja sama antara kepala daerah dan Dandim. Maknanya adalah untuk membantu dan dibutuhkan masyarakat,” kata Danrem Legowo, yang sebelumnya mengapresiasi penyambutanya yang dirasa begitu hangat oleh pemerintah setempat.

“Mudah-mudahan, dengan sinergitas ini, semakin mengaungkan semangat TMMD untuk membangun negeri di Rote Ndao. Terima kasih atas sambutanya,” tambah Danrem Legowo mengapresiasi.

Sementara itu, Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB, mengatakan, kegiatan TMMD, sudah mulai dilakukan selama sebulan. Dengan pelaksanaan kegiatan fisik, difokuskan di Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru.

Begitu juga dengan kegiatan non fisik, yang disebut Dandim Educ, pihaknya mendapat dukungan penuh dari Bupati Rote Ndao. Dimana, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), yang terkait dengan pelaksanaan TMMD, diarahkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Hingga saat ini, kata Dandim Educ, selain kegiatan fisik, kegiatan non fisik siap dilakukan. Diantaranya, penyuluhan dan juga kegiatan lainnya, yang berdampak pada masyarakat. Diantaranya, penanaman pohon, hingga pembukaan lahan pertanian. Kegiatan tersebut, diakuinya, dengan melibatkan Dinas Peternakan, UPT Kehutanan, dan Dinas Pertanian.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, terkait keterlibatkan beberapa OPD, untuk menyukseskan TMMD ini. Sementara sasaran kegiatan fisik, sudah dilakukan di desa Lekona Kecamatan Pantai Baru. Yang sudah dimulai sejak satu bulan,” kata Dandim Educ.

Terhadap kegiatan TMMD, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bakti TNI, lintas sektoral dengan pemerintah. Dimana, kegiatannya terintegrasi untuk meningkatkan akselerasi membangun daerah.

Bahkan, melalui kegiatan TMMD, yang melibatkan partisipasi masyarakat, dapat merawat kebersamaan, dan menumbuhkan semngat gotong-royong. Tujuannya untuk mengatasi segala persoalan yang tengah dihadapi di Rote Ndao, diantaranya, kemiskinan, ketahanan pangan, dan juga tingkat SDM yang relatif rendah.

Demikian halnya dengan daya beli masyarakat yang rendah, sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Dengan terselenggaranya kegiatan TMMD, Bupati Paulina menyatakan dukunganya, sekaligus berharap untuk rutin dilaksanakan di Rote Ndao.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, saya menyambut baik dan mendukung, dilaksanakanya kegiatan TMMD ke-111 di Rote Ndao. Diharapkan dapat secara rutin setiap tahun agar dampak dan manfaatnya, dirasakan oleh masyarakat,” kata Bupati Paulina. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top