Kasus Covid-19 di Kota Kupang Kembali Naik, Kadis Kesehatan Minta Warga Tertib Prokes | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus Covid-19 di Kota Kupang Kembali Naik, Kadis Kesehatan Minta Warga Tertib Prokes


Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kasus Covid-19 di Kota Kupang Kembali Naik, Kadis Kesehatan Minta Warga Tertib Prokes


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati meminta warga untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Pasalnya penyebaran Covid-19 di Kota Kupang kembali menunjukkan tren kenaikan jumlah kasus.

Retnowati menyebutkan, hingga Kamis (17/6), pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 101 orang. Sementara total kasus di Kota Kupang 7.056 orang, dengan angka kesembuhan sebanyak 6.774 orang.

“Beberapa hari terkahir, kasus Covid-19 di Kota Kupang terus mengalami peningkatan. Kondisi ini terus terpantau dan terlacak dengan baik oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang,” ungkap drg. Retnowati saat dihubungi pertelepon, Jumat (18/6).

Menurut drg. Retnowati, tren kenaikan jumlah kasus yang terjadi di Kota Kupang karena pihaknya melalui puskesmas dan fasilitas layanan kesehatan lainnya gencar melakukan tracing.

“Kemarin ada tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan hasil tracing kontak erat. Jadi prinsipnya Dinas Kesehatan terus meningkatkan penulusaran kontak erat dan juga testing dengan cara rapid antigen dan PCR,” jelasnya.

Retnowati katakan, sampai saat ini, sesuai data sebaran Covid-19 di Kota Kupang, hanya Kelurahan Manulai II yang masuk kategori zona merah, sementara daerah atau kelurahan lain, juga masih ada kasus positif Covid-19 tetapi angkanya di bawah 10 kasus.

Dinkes Kota Kupang, kata Retnowati, sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi NTT, dimana untuk pasien yang memiliki gejala, maka  dikarantina atau dirawat di Rumah Sakit Undana. Sementara yang tidak memiliki gejala, dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata.

“Kemarin ada satu tamu dari luar daerah yang ketika ingin kembali ke daerahnya, saat di repid antigen hasilnya positif, sehingga dikarantina di Rumah Sakit Jiwa Naimata untuk 14 hari ke depan,” ungkap mantan Kadis Sosial Kota Kupang ini.

Guna mencegah penularan Covid-19, drg. Retnowati meminta agar pasien yang terkonfirmasi positif, dan melakukan isolasi mandiri di rumah harus taat dalam penerapan  protokol kesehatan agar tidak membahayakan keluarga yang tinggal serumah.

“Bahwa kasus Covid-19 di Kota Kupang semuanya terlacak dengan baik dan terpantau, dan yang paling penting adalah semua masyarakat harus tetap sadar akan protokol kesehatan, bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga keluarga dan orang sekitar,” tegas drg. Retno.

Retno menambahkan, pada Senin (21/6) nanti, Dinas Kesehatan akan melakukan rapat evaluasi guna mencermati kondisi sampai hari Minggu nanti, kondisinya seperti apa guna menyiapkan strategi penanganannya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top