Kunjungi Pulau Ndana, Danrem Legowo Motivasi Prajurit Tetap Loyal Jaga NKRI | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunjungi Pulau Ndana, Danrem Legowo Motivasi Prajurit Tetap Loyal Jaga NKRI


SEMANGATI PRAJURIT. Dankolakops Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko saat tiba di Pulau Ndana, Selasa (15/6). Tampak Brigjen Legowo (kiri) sambil mengepal tangannya menyemangati prajurit yang mengawal pulau terluar itu sambil memotivasi agar tetap setiap dan loyal menjaga serta melakukan tugas pengamanan pulau terluar. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kunjungi Pulau Ndana, Danrem Legowo Motivasi Prajurit Tetap Loyal Jaga NKRI


Hadir Juga Bupati dan Wabup Rote Ndao Serta Danlanal Pulau Rote

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Setelah menghadiri pembukaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Kabupaten Rote Ndao, Komandan Resor Militer (Danrem) 161/Wirasakti, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko menyempatkan diri mengunjungi Pulau Ndana, Selasa (15/6). Danrem Legowo menjalankan tugas ini selain sebagai Danrem juga sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dan Kolakops) di perbatasan dan pulau terluar.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Pulau Rote, Letkol laut (P) Anis Latif ikut bersama Danrem mengunjungi Pulau Ndana. Turut serta dalam rombongan itu, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao, Beauty DE Simatauw, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Rote Ndao, Boggie Setia Perwira Nusa.

Sebagaimana terpantau TIMEX, rombongan Danrem bertolak dari Pantai Oeseli, pada Selasa (15/6) sekira pukul 12.12 Wita menumpang speed boat Riders milik Lanal Pulau Rote. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan pun diperhatikan, dengan tetap mengenakan masker, dan juga tidak berjabat tangan.

“Pulau Ndana merupakan bagian dari wilayah NKRI, sehingga tetap dijaga. Apalagi letaknya terpisah, dan merupakan pulau terluar,” kata Brigjen TNI Legowo kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, saat tiba di pulau itu, Selasa (15/6).

Lebih lanjut, kepada Bupati Paulina, Jenderal TNI Bintang Satu ini mengatakan, dirinya sebagai Dankolakops, juga bertanggung jawab terhadap operasi pengamanan pulau terluar, termasuk Pulau Ndana. Sehingga untuk urusan keamanan dan pertahanan menjadi tanggung jawabnya, sedangkan kepemilikan wilayah merupakan milik Pemkab Rote Ndao.

Hal tersebut diungkapkan Danrem Legowo saat hendak meninjau pos penjagaan yang sebelumnya menyempatkan diri untuk mengabadikan momen kunjungan tersebut, persis di depan plang kayu yang bertuliskan “Selamat Datang di Pulau Ndana.”

BACA JUGA: Danrem 161/Wirasakti Hadiri Pembukaan TMMD di Rote Ndao, Bupati Pesan Hal Ini

“Untuk kepemilikan wilayah, adalah milik Ibu Bupati. Tetapi urusan keamanan, merupakan tanggung jawab kami. Apalagi Ndana, merupakan pulau terluar, pulau yang rentan terhadap aktifitas yang mengancam kedaulatan NKRI,” kata Danrem Legowo.

Danrem Legogo mencontohkan, bisa saja ada yang meracik dan mengedarkan narkoba dari Pulau Ndana ini karena cukup jauh dari pemantaun. “Kemungkin itu bisa saja terjadi, sehingga penting untuk terus awasi. Ini juga untuk meningkatkan kewaspadaan,” tambahnya.

Kehadiran Danrem Legowo dan rombongan disambut Dansatgas Pulau Terluar Wilayah Timur, Lettu Marinir Aghy Kauna. Sebagai Dankolakops, Brigjen Legowo memantau kesiagaan prajurit di pos penjagaan. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan terhadap sarana penunjang, dan juga mengunjungi situs/patung Jenderal Sudirman.

Kepada prajurit yang menjalankan tugas pengamanan di Pulau Ndana, Dankolakops Legowo, memotivasi. Selain menepuk pundak beberapa prajuritnya, Dankolakops, mengatakan, mengawal dan mengamankan pulau terluar sebagai bagian dari NKRI, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan sebagai anggota TNI.

“Adalah kehormatan dan kebanggaan bagi kita yang mengabdikan diri untuk terus mengawal dan mengamankan Pulau Ndana. Teruslah menjalankan pengabdian ini dengan semangat dan loyalitas yang tinggi,” ucap Dankolakops Legowo sembari menyemangati prajuritnya.

Untuk diketahui, ada 34 prajurit yang ditempatkan untuk melakukan pengamanan di Pulau Ndana. Jumlah tersebut, terdiri dari 24 prajurit Marinir dan 10 prajurit Yonif 743/PSY, yang berada di bawah komando, Dankolakops Legowo. Sehingga kunjungan tersebut dilakukanya untuk melihat dari dekat, kondisi prajurit dan situasi di Pulau Ndana secara nyata. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top