Amankan PSU Sarai, Pemkab Hibahkan Rp 600 Juta untuk TNI | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Amankan PSU Sarai, Pemkab Hibahkan Rp 600 Juta untuk TNI


NASKAH HIBAH. Penjabat Bupati Sarai, Doris Alexander Rihi dan Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo ketika menandatangani NPHD di ruang rapat Assisten I Setda NTT, Senin (21/6). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Amankan PSU Sarai, Pemkab Hibahkan Rp 600 Juta untuk TNI


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sabu Raijua (Sarai) menyepakati usulan anggaran pengamanan dari TNI senilai Rp 600 juta. Dana tersebut diberikan kepada Komandan Distrik Militer (Dandim) 1604/Kupang untuk pembiayaan penanganan tahapan pemungutan suara ulang (PSU) yang akan berlangsung pada 7 Juli 2021 mendatang.

Sebelumnya, pada pemilihan serentak 9 Desember 2020 lalu, dana tersebut dianggarkan kepada Kodim 1627/Rote Ndao karena saat itu pengamanan dilakukan oleh Kodim 1627/Rote Ndao.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang ditandatangani bersama antara Penjabat Bupati Sarai, Doris Alexander Rihi dan Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Assisten I) Setda NTT, Senin (21/6). Hadir juga Ketua DPRD Sarai, Paulus Rabe Tuka dan Kepala Badan Keuangan.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Bupati, Doris Rihi mengatakan naskah hibah untuk pengamanan PSU agar digunakan secara baik dan bermanfaat bagi masyarakat Sarai. “DPRD berharap proses PSU ini dapat berjalan dengan keadaan damai sebelum maupun sudah selesai,” harapnya.

Doris juga meminta kepada TNI agar dalam setiap tindakan dan pelaksanaan tugas tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari penyebaran Covid-19. “Dengan keamanan dari TNI diharapkan dapat berjalan dengan tetap menerapkan prokes. Hasil PSU ini juga harus menghasilkan pemimpin Sabu Raijua kedepannya,” ungkapnya.

Doris Rihi juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena atas kerjasama yang baik, sehingga bisa melaksanakan penandatanganan NPHD.

BACA JUGA: Jelang PSU, Pemkab Sarai Sepakati Dana Pengamanan dengan Kodim 1604/Kupang

Kegiatan ini terpaksa dilaksanakan di Kupang karena dirinya sedang bertugas di Kupang sehingga memilih lokasi di Kupang sebagai lokasi yang tepat untuk melangsungkan agenda tersebut.

Untuk PSU, pemerintah dengan tanggung jawab menjediakan anggaran melalui NPHD sudah dilaksanakan secara baik dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan masyarakat karena masih dalam masa pandemi dan kondisi yang tidak stabil akibat Seroja.

“Kami dalam posisi sangat siap. Dengan pendistribusian NPHD ini diharapkan penyelenggaraan dan TNI-Polri dapat menjalankan tahapan secara baik agar mengasilkan pemimpin untuk masyarakat sarai,” tandasnya.

Dari pengamayannya secara kasat mata, kondisi Sabu Raijua saat ini dalam keadaan aman, tertib dan damai. Pemerintah juga menjamin partisipasi masyarakat dalam melaksanakan PSU lebih baik lagi. “Dari awal saat saya sangat ketat dengan pelaksanaan PSU. Jika ada isu-isu bahwa tidak aman lebih baik ditiadakan PSU karena indikator penyelenggaraan ini adalah aman dan damai. Namun bentuk antisipasi tetap disiagakan dengan melibatkan TNI-Polri,” tegasnya.

Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya akan melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang diamanatkan, sesuai arahan pemerintah, penyelenggara demi menghasilkan pemimpin di Sarai.

Dalam menjalankan tugas pengamanan ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak karena tanpa kesadaran dari masyarakat terkait keamanan maka bisa jadi soal. “Setelah penandatanganan ini, kami siapkan satu pleton untuk dikerahkan ke Sarai,” sebutnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top