GMNI Kefamenanu Desak Pemerintah Transparan Kelola APBD | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

GMNI Kefamenanu Desak Pemerintah Transparan Kelola APBD


PERNYATAAN SIKAP. Ketua DPC GMNI Cabang Kefamenanu, Francis Ratrigis (kiri) saat menyerahkan pernyataan sikap kepada Wabup TTU, Eusabius Binsasi, Senin (21/6). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

GMNI Kefamenanu Desak Pemerintah Transparan Kelola APBD


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Kefamenanu mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) untuk terbuka dan transparan dalam pengelolaan anggaran kepada publik melalui media masa dan juga pengumuman melalui setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Publikasi anggaran tersebut dimaksud untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan fungsi kontrol terhadap setiap kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD II. Apalagi, Pemkab TTU telah mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Ketua DPC GMNI Cabang Kefamenanu, Francis Ratrigis kepada TIMEX, Senin (21/6) meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan publikasi APBD melalui media cetak, baliho maupun media eletronik untuk mudah diakses masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

“Bagi GMNI Kefamenanu transparansi informasi publik saat ini merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari tindak pidana korupsi,” ungkap Ratrigis.

Ratrigis menambahkan, selama ini banyak infrastruktur di TTU yang belum terurus sehingga GMNI meminta Pemkab TTU perlu memperhatikan kondisi infrastruktur jalan disetiap wilayah sebagai akses utama atau sarana penunjang yang mendukung masyarakat dalam mendistribusikan potensi alam masyarakat desa di kabupaten TTU.

Selain itu, lanjut Ratrigis, GMNI juga meminta pemerintah daerah menindak tegas para pelaku bisnis atau usaha di TTU yang memberikan upah atau gaji setiap karyawan atau buruh yang tidak sesuai dengan standar upah minimum provinsi (UMP) tingkat kabupaten/kota.

“GMNI berharap, pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Juandi David-Eusabius Binsasi mampu membawa perubahan bagi daerah ini menjadi lebih baik,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi ketika dikonfirmasi TIMEX, Senin (21/6) mengatakan, pihak pemerintah akan menindaklanjuti sikap GMNI Cabang Kefamenanu guna pembangunan daerah ini ke depan yang lebih baik dan bermartabat.

Dikatakan, pihaknya juga meminta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah di TTU untuk terbuka dalam pengelolaan anggaran. “Kita sudah menerima pernyataan sikap dari GMNI Cabang Kefamenanu dan kita akan menindaklanjuti demi kebaikan daerah ini,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top