Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Penuh 100 Persen, IDI Sarankan Lockdown | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Penuh 100 Persen, IDI Sarankan Lockdown


BANJIR PASIEN. RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta merupakan salah satu rumah sakit yang banjir pasien korona akhir-akhir ini seiring meningkatnya kasus Covid-19 di DKI Jakarta. (FOTO: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

NASIONAL

Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Penuh 100 Persen, IDI Sarankan Lockdown


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kasus Covid-19 di Indonesia makin mengkhawatirkan dengan munculnya varian Delta dari India. Situasi itu ditandai dengan menumpuknya pasien Covid-19 di rumah sakit. Data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menyebutkan, angka ketersediaan tempat tidur atau BOR di rumah sakit di lima provinsi sudah mencapai 100 persen.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban mengatakan, saat ini situasinya sudah darurat. Positivity Rate PCR pun sudah 40 persen.

“Maka tak bisa kebijakan standar. Harus lebih ketat. Indonesia sekarang sudah 40 persen positivity rate-nya. Itu berarti risiko kita tertular amat sangat tinggi. Data per hari begitu banyak RS penuh, ICU penuh, maka perlu kebijakan ketat,” kata Prof Zubairi kepada JawaPos.com, Selasa (22/6).

Maka, kata dia, perlu ada polisi hingga instansi aparat untuk melakukan penegakan hukum, melakukan tanpa pandang bulu dengan keras. Menurutnya PPKM mikro saat ini harus dipertebal. “Kita nilai dulu hasilnya gimana. Kalau terbukti hari ke hari enggak berpengaruh maka perlu dilakukan istilahnya lockdown. Lockdown kan hanya 14 hari, maka setelah itu ekonomi pasti bisa berjalan,” katanya.

Data yang terlihat per 19 Juni 2021, sedikitnya lima provinsi terpadat sudah melaporkan angka BOR sebanyak 100 persen. Di antaranya pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Dan dari beberapa pulau itu, BOR 100 persen sudah ada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Jogjakarta.

“Kami di RS sekarang sedang berusaha mengurai tumpukan-tumpukan pasien,” kata Sekjen PERSI dr. Lia G Partakusuma kepada wartawan. “Ini sudah situasi kurang baik ya. Harus betul-betul diwanti-wanti lah. Jangan sampai orang dirawat di RS,” tambahnya.

Menurut dr. Lia, terlihat sekali kurva pada periode Mei-Juni 2021 kasus Covid-19 begitu pesat. Itu membuktikan bahwa virus varian Delta saat ini cepat sekali menular. “Mei sampai Juni kenaikan pesat sekali. Indikasikan virus sekarang ini cepat menular,” ujarnya.

Sebagai contoh data RS di Indonesia dengan BOR mencapai lebih dari 100 persen yaitu terjadi di Bandung. Per 19 Juni, sejumlah RS di Bandung sudah kolaps.

1. BOR RSU Santo Borromeus 102,86 persen
2. RSU Santo Yusup 100 persen
3. RSU Kebon Jati 100 persen
4. RS Ibu dan Anak Limijati 100 persen
6. RSU Al Islam Bandung 95,12 persen
7. RSU Hermina Arcamanik 94,87 persen. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top