Uji Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Kupang Kirim Sampel ke Surabaya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Uji Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Kupang Kirim Sampel ke Surabaya


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Uji Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Kupang Kirim Sampel ke Surabaya


Ada Pasien Isoman Meninggal di Pasir Panjang

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Seorang pasien terkonfirmasi Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) di salah satu kamar kos di wilayah Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama meninggal dunia, Selasa (22/6).

Pria berusia 54 tahun ini merupakan warga Kota Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang bekerja di Jakarta, dan saat ini sementara mengerjakan pembangunan di salah satu mall di Kota Kupang. Warga ini ditemukan meninggal dunia dan langsung dimakamkan sesuai penerapan protokol penanganan jezanah Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Selasa (22/6) malam mengatakan, setelah pengurusan jenazah pasien Covid-19 ini, pihak Puskesmas Pasir Panjang langsung melakukan tracing dengan pengambilan swab terhadap hasil penelusuran kontak teman-teman sekerja dan mereka yang melakukan kontak erat sebelumnya dengan almarhum.

BACA JUGA: Pemkot Larang Acara Pesta, Wilayah RT Ditutup Jika Jumlah Kasus Lebih Dari 10

Retnowati menjelaskan, sampel-sampel hasil swab dari penelusuran kontak erat itu oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang akan segera dikirim ke Puslitbangkes Surabaya. Pengiriman sampel swab hasil kontak erat ke Surabaya salah satu tujuannya untuk memastikan apakah sudah ada varian baru Covid-19 yang masuk ke Kota Kupang.

“Saat ini sedang proses pengumpulan sampel, karena berdasarkan syarat, mengirim sampel ke Litbangkes Surabaya untuk melihat apakah varian baru sudah masuk ke Kota Kupang atau belum, harus dikirim 75 sampai 100 sampel. Selain itu, pengiriman sampel juga ada biaya, jadi nanti kita kirimkan ke Litbang Surabaya, dan ada anggaran juga, jadi tidak serta-merta dikirimkan,” jelas drg. Retnowati.

Keputusan mengirim sampek ke Litbangkes Surabaya karena ada satu pasien yang meninggal dan juga kemarin ada satu pekerja warga pendatang hasil rapid test antigennya juga positif. Jadi pekerja yang rapidnya positif ini dilakukan tracing terhadap kontak erat dan sampelnya dikirimkan ke Litbangkes.

Dokter Retnowati menambahkan, dengan berkembangnya kasus Covid-19 di Kota Kupang, pihaknya harus segera memastikan dengan mengirim sampel ke Litbangkes Surabaya agar bisa mengetahui, apakah jenis varian baru Covid-19 sudah masuk ke Kota Kupang atau belum. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top