Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol, Ini Nama Mereka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol, Ini Nama Mereka


Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif (kiri) menyapa empat Catar Akpol usai sidang penetapan kelulusan akhir tingkat Panda penerimaan calon taruna-taruni Akpol 2021, Panda Polda NTT di aula Rupatama Lantai III Polda NTT, Rabu (23/6). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol, Ini Nama Mereka


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah melaksanakan tahapan seleksi calon taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2021. Dari 90 orang yang mendaftar, hanya empat catar yang dianggap terbaik dan memiliki kemampuan melanjutkan seleksi selanjutnya.

Keempat orang catar tersebut terpilih melalui sidang penetapan kelulusan akhir tingkat panda penerimaan calon taruna-taruni Akpol 2021 Panda Polda NTT yang digelar di aula Rupatama Lantai III Polda NTT, Rabu (23/6).

Sidang yang dihadiri 12 catar Akpol dan orang tua/wali ini dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, serta Karo SDM, Kombes Pol. Wisnu Widarto.

Karo SDM Polda NTT dalam paparannya menyampaikan bahwa sejak awal animo penerimaan Akpol sebanyak 90 orang pria dan 16 orang wanita.

Hingga tahap seleksi kesehatan tahap II, tersisa 12 orang, yakni 11 orang pria dan seorang wanita. Sesuai surat Kapolri Nomor: B.4206/VI/Dik/2.1.2021 tanggal 23 Juni 2021, Polda NTT mendapatkan kuota kirim sebanyak 4 orang yakni 1 orang wanita dan 3 orang pria.

Mereka yang lolos dan mengikuti proses di tingkat pusat yakni Richard Daddy Balli Leba Ari, Johannes Bimantara Jaha, Kresna Buce Tanebet, dan Brigitte Trisna Bandi.

Dari empat Catar Akpol ini, Richard merupakan lulusan SMA Kristen Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Kresna Buce Tanebet lulusan SMA Negeri 3 Kota Kupang, dan baru pertama kali ikut seleksi taruna Akpol. Selanjutnya ada seorang wanita Brigitte Trisna Bandi. Sementara Johannes Bimantara Jaha, merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang yang sudah tiga kali mengikuti seleksi penerimaan taruna Akpol sejak tahun 2019 lalu.

Keempat utusan Polda NTT ini akan diberangkatkan ke Semarang mengikuti seleksi mulai pekan depan hingga akhir Juli 2021.

Peserta yang lulus tingkat pusat selanjutnya menjalani pendidikan selama 4 tahun ke depan di Akpol Semarang mulai Agustus 2021.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses seleksi ini.

Kepada peserta yang belum berkesempatan tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan untuk untuk berkarir di kepolisian. “Ini bukan gagal namun ini adalah keberhasilan yang tertunda. Empat orang catar yang lolos juga harus belajar karena masih ada seleksi lanjutan,” katanya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top