19 Warga Desa Maurisu Positif Covid-19, TTU Jadi Zona Merah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

19 Warga Desa Maurisu Positif Covid-19, TTU Jadi Zona Merah


EVAKUASI. Tim Gugus Tugas saat mengevakuasi 19 warga Desa Maurisu ke Rusunawa untuk menjalani masa Karantina. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

19 Warga Desa Maurisu Positif Covid-19, TTU Jadi Zona Merah


Hasil Tracking Pasien yang Meninggal di RS Leona Kefamenanu

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 19 warga Desa Maurisu, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil rapid antigen.

Hal ini diketahui oleh tim medis saat melakukan tracking di Desa Maurisu dari warga yang sebelumnya kontak erat dengan pasien reaktif antigen Covid-19 yang meninggal dunia saat dirawat di RS Leona Kefamenanu.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas (TGT) Penanganan dan Pencegahan terhadap Penyebaran Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat kepada TIMEX, Senin (28/6) mengatakan, Tim Gugus Tugas telah melakukan tracking terhadap sejumlah warga di Desa Maurisu yang berkontak erat dengan pasien reaktif.

Dari hasil tracking itu, kata Kristoforus, tim medis menemukan sebanyak 19 warga Desa Maurisu positif Covid-19 sesuai hasil rapid test antigen. Sedangkan warga lainnya negatif namun tetap disarankan untuk dilakukan karantina secara mandiri selama 14 hari ke depan.

“Tim Satgas Covid-19 sudah melakukan tracking kepada 47 orang keluarga korban. Dari jumlah itu terdapat 19 orang yang positif Covid-19 sesuai hasil rapid test antigen,” ungkap Kristo.

Kristo menambahkan, 19 warga Desa Maurisu yang dinyatakan positif Covid-19 itu tergabung dalam tujuh kepala keluarga yang merupakan keluarga terdekat dari pasien positif Covid-19 yang meninggal di RS Leona Kefamenanu.

Dijelaskan, 19 warga yang dinyatakan positif Covid-19 itu langsung diamankan Tim Gugus Tugas untuk menjalani masa karantina di Rusunawa, BTN, Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan selama 14 hari guna mendapatkan perawatan medis secara intensif.

“19 warga yang positif Covid-19 itu kita sudah amankan di Rusunawa untuk menjalani perawatan medis yang intensif,” jelasnya.

Terkait status dari Kabupaten TTU saat ini, menurut Kristo, dengan bertambahnya 19 orang yang dinyatakan positif Covid-19, maka wilayah TTU berubah status menjadi zona merah.

Untuk itu, pinta Kristo, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan bila beraktifitas di luar rumah, hindari kerumunan, selalu menggunakan masker dan selalu mencuci tangan.

“Saat ini penyebaran Covid-19 itu melalui berbagai klaster, kita berharap jangan ada klaster tim medis sehingga rumah sakit maupun tim medis yang merawat pasien reaktif Covid-19 maupun pasien terkonfirmasi positif Covid-19 harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top