Manggarai Dapat Kuota CPNS-PPPK Sebanyak 1.641 Formasi, Ini Rinciannya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Manggarai Dapat Kuota CPNS-PPPK Sebanyak 1.641 Formasi, Ini Rinciannya


Plt. Kepala BPKSDMD Manggarai, Yakobus Jehamat. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Manggarai Dapat Kuota CPNS-PPPK Sebanyak 1.641 Formasi, Ini Rinciannya


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai menyediakan 1.641 formasi dalam penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021. Jumlah itu terbagi untuk calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Rincianya, untuk CPNS sebanyak 209 formasi, sementara PPPK sebanyak 1.432 formasi. Jumlah ini sesuai yang dialokasikan Pemerintah Pusat,” ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Kepala BKPSDMD Manggarai, Yakobus Jehamat kepada TIMEX saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/6) siang.

Yakobus menjelaskan, dari 209 formasi untuk CPNS itu, sebanyak 146 formasi untuk tenaga kesehatan, dan 63 formasi bagi tenaga teknis. Sementara untuk PPPK, sebanyak 53 formasi dialokasikan bagi tenaga kesehatan, dan sebanyak 1.379 formasi tenaga guru. Formasi PPPK untuk tenaga teknis tidak ada.

“PPPK itu sama ASN. Bedanya, tidak mendapat hak pada saat pensiun. Jadi sebelumnya, kita usul banyak untuk formasi CPNS dan PPPK. Tapi yang diakomodir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya 1.641 formasi. Untuk guru semua masuk formasi PPPK,” jelasnya.

Menurut Yakubos, guru yang bisa mengikuti tes formasi PPPK, yakni mereka yang tercatat sebagai tenaga honorer kategori dua (K2). Juga guru yang selama ini honor di sekolah negeri dan swasta. Guru yang honor di sekolah swasta, dengan syarat sudah terdata di daftar pokok pendidikan (Dapodik). Juga guru dengan lulusan prosefesi guru.

Sementara bagi tenaga kesehatan, yang bisa ikut dalam formasi PPPK adalah mereka yang telah memiliki pengalaman kerja sebagai tenaga kesehatan.

Yakobus mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari Kemenpan RB terkait pendaftaran dan proses seleksi.

“Saat ini kita masih menunggu informasi dari pusat soal petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis) terkait prosesi seleksi CPNS 2021. Mulai pendaftaran hingga tes. Termasuk syarat-syarat,” kata Yakobus.

Namun dia meminta, agar para peminat untuk bisa untuk mempersiapkan diri. Tidak hanya soal syarat dokumen, tapi juga dengan peningkatan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Sehingga dikemudian mendapat hasil yang diharapkan.

Yakobus menambahkan, saat ini Kabupaten Manggarai masih membutuh banyak ASN. Khususnya tenaga teknis. Apalagi banyak yang sudah pensiun. Sehingga penerimaan ribuan formasi ASN kali ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Manggarai.

Selain itu, ada sebanyak 16 pejabat eselon II yang masih lowong di lingkup Pemkab Manggarai. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top