16 Warga Terpapar Korona, Pemkot Lockdown Kos-Kosan di Fatululi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

16 Warga Terpapar Korona, Pemkot Lockdown Kos-Kosan di Fatululi


Wawali Kupang, dr. Herman Man bersama tim Satgas Pemkot Kupang saat melakukan penguncian salah satu kos-kosan di wilayah Kelurahan Fatululi, Selasa (29/6). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

16 Warga Terpapar Korona, Pemkot Lockdown Kos-Kosan di Fatululi


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kasus penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Kupang terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Demi mengantisipasi penyebaran yang makin tak terkendali, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mengambil langkah tegas melakukan penguncian atau lockdown di daerah yang penyebarannya tinggi.

Salah satu wilayah yang mengalami lockdown adalah sebuah kos-kosan di wilayah RT 11/RW 03, Kelurahan Fatululi.

Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang, dr. Hermanus Man mengatakan, penutupan atau penguncian wilayah itu lantaran terdapat 16 warga setempat terkonfirmasi positif Covid-19. “Langkah tegas melakukan lockdown kos-kosan ini untuk mencegah terjadi penularan,” kata Wawali Herman Man, Selasa (29/6).

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, pasien Covid-19 yang meninggal beberapa waktu lalu merupakan pekerja bangunan di Lippo Plaza Kupang. Dari hasil tracing-nya, terdapat 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Retnowati menjelaskan, mereka yang terkonfirmasi positif diisolasi mandiri di kos-kosan tersebut dan untuk kebutuhan sehari-hari akan ditanggung oleh pihak Lippo Plaza Kupang.

Retnowati katakan, syarat untuk melakukan lockdown di wilayah RT yaitu apabila ada lebih dari 10 kasus positif dan tersebar di 10 keluarga atau rumah.

“Selain itu, yang masih menunggu hasil tes, kami lakukan karantina di blok yang berbeda, mereka tidak boleh keluar dari tempat tersebut dan akan dipantau dan diawasi, secara bertahap akan dilakukan swab PCR untuk penegakan diagnosa,” katanya saat diwawancarai Selasa (29/6).

Sementara itu, Direktur RSUD S. K. Lerik, dr. Marsiana Halek mengatakan, sampai saat ini, ada 7 pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit itu.

Marsiana meminta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat, bersama menjaga Kota Kupang agar tetap aman.

Khusus di wilayah Kota Kupang, sesuai data, total pasien yang masih dirawat hingga Senin (28/6) sebanyak 334 pasien. Kelurahan Liliba merupakan kelurahan dengan kasus terbanyak yaitu 23 kasus, diikuti Kelurahan Kelapa Lima 19 kasus dan Kelurahan Fatululi sebanyak 16 kasus. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top