50 WNI di Oecusse-Timor Leste Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

50 WNI di Oecusse-Timor Leste Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama


VAKSIN. Sebanyak 50 WNI di Oecusse-RDTL diberi vaksin Covid-19 di aula KBRI Dili di Oecusse, Senin (28/6). (FOTO: KBRI FOR TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

50 WNI di Oecusse-Timor Leste Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama


OECUSSE, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 50 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di perbatasan Distrik Oecusse, Negara Timor Leste telah mengikuti program vaksinasi Covid-19, Senin (28/6).

Adapun vaksin dosis pertama yang diberikan kepada WNI di Oecusse-Timor Leste tersebut adalah jenis AstraZeneca. Ke-50 WNI ini disuntik oleh vaksinator dari Dinas Kesehatan Pemerintah Distrik Oecusse.

Berdasarkan informasi resmi dari KBRI Dili di Oecusse, dari 50 WNI yang mendapatkan vaksinasi tersebut, sebanyak 36 WNI mendaftar di Kantor Penghubung KBRI Dili di Oecusse dengan membawa paspor dan tertib mengantre untuk divaksin. Sementara 14 orang lainnya divaksin di tempat terpisah.

Kepala Kantor Penghubung KBRI Dili di Oecusse, Marya Onny Silaban kepada TIMEX, Selasa (29/6) mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Timor Leste khususnya Pemerintah Kota Oecusse, dan WHO Timor Leste untuk memberikan vaksin terhadap WNI yang berada di distrik setempat.

Upaya ini merupakan bentuk pelayanan publik dan perlindungan terhadap WNI yang berada di luar negeri, khususnya di Negara Timor Leste agar terhindar dari penyebaran Covid-19. “Upaya KBRI Dili ini merupakan wujud pelayanan publik dan perlindungan WNI agar imun dari Covid-19,” ungkap Onny Silaban.

Onny Silaban menambahkan, keikutsertaan WNI pada program vaksinasi Covid-19 di Timor-Leste ditujukan untuk membentuk kekebalan komunal yang lebih luas di perbatasan dua negara ini.

Sebelum vaksinasi dimulai, lanjut Onny Silaban, para vaksinator merespon berbagai pertanyaan peserta vaksin mengenai efikasi vaksin, makanan yang harus dihindari setelah vaksin, dan masa berlaku kartu vaksin.

Onny menyebutkan, kendala yang dialami selama vaksin tidak ada, namun ada beberapa WNI yang memiliki riwayat hipertensi, hipotensi, dan autoimun. “Ada 50 WNI yang mendapatkan vaksin Covid-19. Ini adalah bentuk upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Kita ingin WNI yang ada di Timor Leste terhindar dari Covid-19,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesehatan Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Oecusse, Nilda Maria da Costa mengatakan, saat ini, pemerintah Timor Leste menggunakan dua jenis vaksin, yaitu AstraZeneca dan Sinovac.

Dikatakan, tahap pertama vaksinasi Covid-19 di Timor-Leste telah diawali pada April 2021 lalu dengan prioritas warga Timor Leste yang bertugas di perbatasan, aparat publik, tenaga kesehatan, pemuka agama, dan kalangan diplomatik.

Sementara, untuk tahap kedua vaksinasi dimulai Juni 2021 dengan prioritas penderita penyakit kronis, lansia di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top