Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Darurat, Ini Aturan Baru di Mal, Resto, dan WFH | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Darurat, Ini Aturan Baru di Mal, Resto, dan WFH


Presiden Jokowi menunjuk Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Koordinator Pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali. (FOTO: Dok. Dery Ridwansah/JawaPos.com)

NASIONAL

Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Darurat, Ini Aturan Baru di Mal, Resto, dan WFH


Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah akan segera menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dikabarkan akan dimulai pada 2 Juli 2021 mendatang. Hal tersebut berdasarkan dokumen yang diterima oleh JawaPos.com.

Dalam dokumen tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akan menjadi koordinator pelaksanaan program ini pada wilayah Jawa-Bali.

Penerapan dalam PPKM Darurat tersebut, terdapat beberapa hal, selain protokol kesehatan Covid-19 yang lebih diperketat. Diantaranya, jam operasional pusat perbelanjaan hanya sampai pukul 17.00 waktu setempat, dengan pembatasan pengunjung paling banyak 25 persen kapasitas dengan protokol kesehatan.

Kemudian, untuk restoran kegiatan makan dan minum di tempat paling banyak hanya 25 persen dari kapasitas. Pembatasan jam operasionalnya pun hanya sampai pukul 17.00. Jika ada layanan pesan antar atau dibawa pulang diizinkan hanya sampai pukul 20.00 WIB. Namun, restoran yang hanya melayani pesan antar atau dibawa pulang dapat beroperasi selama 24 jam.

Selain itu, perkantoran pemerintah atau lembaga, baik pusat dan daerah, serta kantor BUMN dan perusahaan swasta pada wilayah zona merah, ditetapkan batas operasi kantor adalah 25 persen. Atau dengan kata lain diberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) 75 persen selama periode PPKM Darurat.

Jokowi Tunjuk Luhut

Sementara, untuk perkantoran pemerintah atau lembaga baik pusat dan daerah, serta kantor BUMN dan perusahaan swasta pada wilayah yang bukan zona merah, ditetapkan batas operasi kantor adalah 50 persen.

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi membenarkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan untuk memimpin langsung kebijakan PPKM mikro darurat di Pulau Jawa dan Bali.

’’Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali,’’ kata Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi dalam keterangannya, Selasa (29/6).

Jodi menjelaskan, saat ini sedang diformulasikan tindakan pengetatan yang akan diambil. ’’Pengumuman resmi akan disampaikan oleh Pemerintah,” tuturnya.

Jodi mengungkapkan, nantinya dalam aturan PPKM mikro darurat tersebut, supermarket, pusat perbelanjaan dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang dipersingkat dengan prokes ketat.

Selain itu, Jodi juga meminta agar masyarakat tidak perlu panik dengan adanya informasi yang beredar di grup Whatssapp. Serta, meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dan program vaksinasi. ’’Agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, vaksinasi bagi yg sehat dan terus waspada,” ucap dia. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top