Forkopimda Dukung P4GN di Rote Ndao, Ini Respon Kepala BNN | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Forkopimda Dukung P4GN di Rote Ndao, Ini Respon Kepala BNN


Kepala BNN Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa (di Podium) saat menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Forkopimda terhadap pelaksanaan program P4GN pada puncak peringatan HANI di Hotel New Ricky Ba'a, Senin (28/6). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Forkopimda Dukung P4GN di Rote Ndao, Ini Respon Kepala BNN


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rote Ndao menyatakan dukungan terhadap upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di pulau terselatan NKRI itu.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa menyampaikan terima kasih atau dukungan itu.

Pernyataan mendukung P4GN tersebut disampaikan langsung Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto, Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB, Danlanal Pulau Rote, Letkol laut (P) Anis Latif, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao, Beauty DE Simatauw, Kepala BPN, I Gusti Made Anom Kaler, serta Kajari yang diwakili Kasie Datun, Mahendra Sebayang.

Dukungan juga datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao yang disampaikan bersama Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek dan Kepala BNN, Raden Bogie Setia Perwira Nusa dalam closing statement pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2021, di Hotel New Ricky Ba’a, Senin (28/6).

“Kami Forkopimda Rote Ndao, bersama Pemda Rote Ndao siap memberantas penyalahgunaan dan pengedaran narkoba di Kabupaten Rote Ndao,” kata Forkopimda dalam closing statementnya.

Wabup Rote Ndao, Stefanus M. Saek mengatakan, Pemkab Rote Ndao juga mendukung program BNN melalui penerbitan regulasi di tingkat daerah. Dukungan dalam bentuk lain juga dilakukan dengan membentuk tim terpadu yang telah ditetapkan melalui keputusan Bupati Rote Ndao.

“Pemerintah Kabupaten Rote Ndao telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2017 tentang pencegahan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap, psikotropika dan zat adiktif di Kabupaten Rote Ndao. Juga membentuk tim terpadu, melalui Keputusan Bupati Nomor: 290/KEP/HK/2020,” kata Wabup Stefanus dalam sambutannya.

Terhadap pelaksanaan program P4GN di Rote Ndao, BNN, kata Wabup Stefanus, telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, rehabilitasi klien dan pengurusan surat keterangan hasil pemeriksaan narkoba (SKHPN) serta pemberatantasan.

Wabup Stefanus lebih lanjut mengatakan, hingga tahun 2021, melalui klinik pratama BNN Rote Ndao, telah merehabilitasi sebanyak 5 orang. Sedangkan untuk tindakan pemberatasan, dilakukan melalui sinergitas dengan TNI dan Polri, melalui pintu-pintu masuk ke Rote.

“Karena kita Rote Ndao, memiliki potensi pariwisata, dan memungkinkan barang jenis Narkoba dibawa masuk sehingga untuk melakukan tindakan pemberatasan, BNN terus bersinergi dengan TNI/Polri, untuk melaksanakan pemetaan potensi kerawanan,” kata Wabup Stefanus. “Kabupaten Rote Ndao merupakan pulau terluar, yang memiliki 6 pelabuhan resmi dan 18 pelabuhan rakyat,” bebernya.

Kepala BNN Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa mengatakan, untuk memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, dibutuhkan gerakan yang terstruktur, sistimatis, masif, dan konprehensif integral.

Bahkan, kata Raden, dibutuhkan juga kepedulian seluruh unsur masyarakat, dan semua komponenya untuk bersama-sama memerangi. Sehingga, penggunaan dan penyalahgunaan narkoba, tidak merusak generasi bangsa menuju Indonesia emas.

“Pencegahan narkotika tak hanya bisa dilakukan oleh perseorangan. Melainkan melibatkan banyak orang, yang secara bersama-sama. Karena jaringan peredaranya sangat terorganisir, dan tersebar menembus sekat-sekat perbatasan wilayah,” kata Raden.

Raden menyampaikan terima kasih terhadap semua dukungan yang diberikan untuk menyukseskan program P4GN di Rote Ndao. Tanpa keterlibatan semua pihak, keberhasilan menjalankan progran tersebut tidak akan tercapai.

“Kami BNN Kabupaten Rote Ndao menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta, menyukseskan program P4GN. Marilah kita tingkatkan kebersamaan dalam perjuangan, menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia dari ancaman narkotika dari Rote Ndao,” ajak Raden. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top