Luncurkan PWMP KUB, Kementan Dukung Usaha Ayam Ras Pedaging di Malaka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Luncurkan PWMP KUB, Kementan Dukung Usaha Ayam Ras Pedaging di Malaka


Anggota Poktan Brubit Jaya dan Bolan Jaya foto bersama. Dua Poktan ini mengembangkan usaha peternakan ayam pedaging di Malaka. (FOTO: DOK. SMK PP NEG. KUPANG)

KABAR FLOBAMORATA

Luncurkan PWMP KUB, Kementan Dukung Usaha Ayam Ras Pedaging di Malaka


MALAKA-Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha meningkatkan kualitas serta jumlah generasi muda sebagai penerus pembangunan pertanian di Indonesia.

Beberapa program telah diluncurkan oleh Kementan guna mendukung regenerasi petani antara lain Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP).

Kementan juga meluncurkan PWMP Kelompok Usaha Bersama (KUB), yang salah satunya untuk mendukung usaha ayam ras pedaging di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan akan terus berusaha menggenjot pertanian dan subsektor lainnya.

“Dalam pendemi Covid-19, Kementan akan terus berupaya agar kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi. Oleh karena itu, pertanian dan semua subsektornya akan terus digenjot,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, PWMP KUB diharapkan mampu mendorong generasi muda pertanian menjadi job creator di bidang pertanian.

“Mentan Syahrul Yasin Limpo sering mengatakan bahwa peran generasi muda sangat penting dalam sektor pertanian. Untuk itu pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing,” tuturnya sebagaimana keterangan tertulis Humas SMK PP Negeri Kupang, Kamis (1/7).

Dedi pun berharap melalui PWMP KUB ini, generasi muda yang tergabung dalam kelompok tani di pedesaan dapat mengembangkan peluang yang ada.

Bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI, program PWMP KUB ini menyasar generasi muda usia 17-39 tahun yang tergabung di kelompok tani.

Salah satu lokasi yang menjadi penerima manfaat PWMP KUB adalah Indonesia bagian timur, tepatnya di Kabupaten Malaka.

Pada Juni 2021 ini, terdapat dua kelompok yang menerima bantuan program tersebut, yakni Brubit Jaya dan Bolan Jaya. Kedua kelompok tersebut rencananya akan melaksanakan usaha ayam ras pedaging.

“Kebutuhan daging ayam di Malaka tergolong tinggi, sementara belum banyak peternak ayam pedaging di Malaka Tengah. Karena itu usaha ini memiliki prospek yang baik,” terang Ketua Kelompok Brubit Jaya.

Rencananya usaha akan dilaksanakan di Desa Naimena, Malaka Tengah.

Sementara itu Kelompok Bolan Jaya memiliki strategi pemasaran tersendiri. Pengusaha ayam pedaging di Malaka umumnya menjual ayam dalam kondisi hidup. Padahal konsumen tentu lebih menyukai ayam dalam bentuk karkas karena lebih praktis.

Karena itu Bolan Jaya ingin turut menjual ayam dalam bentuk karkas. Penjualan juga akan dilakukan secara daring, baik lewat Facebook, Instagram, maupun WhatsApp. (*/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top