UKAW Gelar Prosesi Wisuda dengan Cara Unik, Lepas 151 Wisudawan di Bawah Beringin | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

UKAW Gelar Prosesi Wisuda dengan Cara Unik, Lepas 151 Wisudawan di Bawah Beringin


DI BAWAH BERINGIN. Rektor UKAW Kupang, Ayub Urbanus Imanuel Meko ketika memindahkan tali toga salah satu wisudawati pada acara wisuda Serjana ke-61 dan Pasca Serjana ke-17 gelombang ke II, periode Maret 2021, Rabu (30/6). Prosesi ini berlangsung di bawah pohon beringin kampus itu. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

PENDIDIKAN

UKAW Gelar Prosesi Wisuda dengan Cara Unik, Lepas 151 Wisudawan di Bawah Beringin


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang melaksanakan wisuda Serjana ke-61 dan Pasca Serjana ke-17 gelombang II, periode Maret 2021. Pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dibanding acara yang sama sebelumnya. Kali ini, para wisudawan dikukuhkan Rektor UKAW di bawah pohon beringin di halaman belakang kantor FKIP UKAW Kupang, Rabu (30/6).

Cara ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sekaligus mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Sebelumnya para wisudawan melakukan tes swab PCR dan mengizinkan mereka untuk mengikuti proses wisuda secara online maupun offline.

Pantauan TIMEX, sekira pukul 08:00 Wita, Rektor UKAW Kupang dan para Dekan, Pengurus Yayasan dan perwakilan Gerja Pendiri, Ketua Alumni dan Sekretaris LLDikti wilayah XV NTT melaksanakan prosesi rapat senat terbuka luar biasa.

Rapat Senat UKAW ini dihadiri 9 orang perwakilan wisudawan dari masing-masing program studi (Prodi). Usai wisuda online, dilanjutkan dengan proses wisuda secara offline.

Nampak prosesi wisuda kali ini berbeda dari sebelumnya. Mereka yang ingin dipindahkan tali toganya itu datang menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Lokasinya sengaja diseting agar wisudawan ketika tiba, turun dari kendaraannya lalu melangkah ke depan anggota senat untuk menerima ijazah dari dekan, dilanjutkan dengan pemindahan tali toga oleh rektor. Wisudawan lalu kembali menumpang kendaraannya dan meninggalkan lokasi wisuda.

Rektor UKAW Kupang, Ayub Urbanus Imanuel Meko usai acara wisuda mengaku di era new normal saat ini, civitas akademika dituntut untuk berkreasi dengan tidak menguranggi makna dari proses itu sendiri.

Pada pelaksanaan sebelumnya, kata Rektor Ayub, pihaknya melakukan secara online namun momen ini sangat dibutuhkan dan dinantikan banyak orang sehingga panitia berkreasi untuk mengelarnya secara terbuka dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. “Kami coba online lalu kami kepingin offline terbatas, ternyata tren meningkat sehingga kami rubah pelaksanaan secara mini online lalu dilanjutkan offline ini,” katanya.

Dijelaskan bahwa model pelaksanaan karena baru pertama kali dilaksanakan sehingga sedikit kaku namun sebenarnya ini sangat santai. Ke depan akan evaluasi agar wisuda dilakukan di masing-masing fakultas.

“Kami akan evaluasi dan jika populasi wisudawan semakin banyak maka kami akan wisuda secara bergiliran di setiap fakultas karena tren Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhir,” sebutnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top